@phdthesis{digilib14052,
           month = {August},
           title = {PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI)
DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN
KEAKTIFAN SISWA KELOMPOK A TK MASYITHOH GREGES
SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014
},
          school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA},
          author = { NIM.  12415344 TRI ROMAWATI },
            year = {2014},
            note = {Pembimbing : Dr. Radjasa Mu?tasim, M.Si.},
        keywords = {Metode BCM, Pembelajaran PAI,},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14052/},
        abstract = {Penerapan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi)
dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelompok A TK
Masyithoh Greges Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta:
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta, 2014.
Dalam pembelajaran PAI di Taman Kanak-kanak, siswa harus dilibatkan
secara aktif sebagaimana telah dipaparkan dalam teori yang ada. Jika hal tersebut
tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap
penguasaan konsep dan hasil belajar PAI. Di TK Masyithoh Greges dalam
pembelajaran PAI belum melibatkan peran serta siswa dan pembelajaran masih
berpusat pada guru sehingga keaktifan siswa masih kurang. Maka dari itu perlu
diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan
menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode BCM (Bermain,
Cerita, Menyanyi) dalam pembelajaran PAI dan meningkatkan keaktifan siswa
kelompok A TK Masyithoh Greges setelah metode tersebut diterapkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan
mengambil latar TK Masyithoh Greges, Donotirto, Kretek , Bantul. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini berupa aktivitas guru dan siswa yang diambil dari
lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk
mencatat kejadian selama proses pembelajaran, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode BCM (Bermain,
Cerita, Menyanyi) dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan siswa
kelompok A TK Masyihoh Greges dilaksanakan dengan tahapan bermain yang
dimaksudkan untuk membiasakan siswa berkonsentrasi melaksanakan instruksi
guru dalam memasuki materi dengan suasana yang meyenangkan dan
menyampaikan materi pokok melalui tahapan cerita agar siswa lebih fokus dalam
memperhatikan materi, lebih antusias dalam menjawab pertanyaan, lebih
bersemangat dalam menyelesaikan tugas dan berani mengajukan pertanyaan, serta
tahapan menyanyi sebagai penguatan pamahaman terhadap materi sekaligus
membuat suasana pembelajaran lebih menggembirakan. Secara keseluruhan
pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah
disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. 2) Keaktifan siswa kelompok
A TK Masyithoh Greges dalam pembelajaran PAI dengan penerapan metode
BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) meningkat secara signifikan. Keaktifan siswa
hasil observasi pra tindakan secara rata-rata sebesar 39,82\% berada pada
kualifikasi kurang, pada psiklus I mengalami peningkatan menjadi 58,94\% berada
pada kualifikasi cuku, dan pada siklus II meningkat menjadi 70,35\% yang berarti
berada pada kualifikasi baik. Dengan demikian penerapan metode BCM dalam
pembelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan siswa kelompok A TK
Masyithoh Greges Semester II Tahun Ajaran 2013/2014.

}
}