%0 Thesis
%9 Skripsi
%A TRI ROMAWATI ,  NIM.  12415344
%B PERPUSTAKAAN
%D 2014
%F digilib:14052
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%K Metode BCM, Pembelajaran PAI,
%P 143
%T PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI)  DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN  KEAKTIFAN SISWA KELOMPOK A TK MASYITHOH GREGES  SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014  
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14052/
%X Penerapan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi)  dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelompok A TK  Masyithoh Greges Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta:  Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta, 2014.  Dalam pembelajaran PAI di Taman Kanak-kanak, siswa harus dilibatkan  secara aktif sebagaimana telah dipaparkan dalam teori yang ada. Jika hal tersebut  tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap  penguasaan konsep dan hasil belajar PAI. Di TK Masyithoh Greges dalam  pembelajaran PAI belum melibatkan peran serta siswa dan pembelajaran masih  berpusat pada guru sehingga keaktifan siswa masih kurang. Maka dari itu perlu  diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan  menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode BCM (Bermain,  Cerita, Menyanyi) dalam pembelajaran PAI dan meningkatkan keaktifan siswa  kelompok A TK Masyithoh Greges setelah metode tersebut diterapkan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan  dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,  tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan  mengambil latar TK Masyithoh Greges, Donotirto, Kretek , Bantul. Data yang  diperoleh dalam penelitian ini berupa aktivitas guru dan siswa yang diambil dari  lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk  mencatat kejadian selama proses pembelajaran, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode BCM (Bermain,  Cerita, Menyanyi) dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan siswa  kelompok A TK Masyihoh Greges dilaksanakan dengan tahapan bermain yang  dimaksudkan untuk membiasakan siswa berkonsentrasi melaksanakan instruksi  guru dalam memasuki materi dengan suasana yang meyenangkan dan  menyampaikan materi pokok melalui tahapan cerita agar siswa lebih fokus dalam  memperhatikan materi, lebih antusias dalam menjawab pertanyaan, lebih  bersemangat dalam menyelesaikan tugas dan berani mengajukan pertanyaan, serta  tahapan menyanyi sebagai penguatan pamahaman terhadap materi sekaligus  membuat suasana pembelajaran lebih menggembirakan. Secara keseluruhan  pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah  disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. 2) Keaktifan siswa kelompok  A TK Masyithoh Greges dalam pembelajaran PAI dengan penerapan metode  BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) meningkat secara signifikan. Keaktifan siswa  hasil observasi pra tindakan secara rata-rata sebesar 39,82% berada pada  kualifikasi kurang, pada psiklus I mengalami peningkatan menjadi 58,94% berada  pada kualifikasi cuku, dan pada siklus II meningkat menjadi 70,35% yang berarti  berada pada kualifikasi baik. Dengan demikian penerapan metode BCM dalam  pembelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan siswa kelompok A TK  Masyithoh Greges Semester II Tahun Ajaran 2013/2014.    
%Z Pembimbing : Dr. Radjasa Mu’tasim, M.Si.