%A NIM. 12485226 TRI ENDAH BUDIYATI %O Pembimbing : Andi Prastowo, M.Pd.I %T PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU SALAM 3, SALAM, SALAM, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 %X Tri Endah Budiyati. Penggunaan Permainan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok B RA Muslimat NU Salam 3 Salam, Salam, Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam pembelajaran kemampuan membaca permulaan peserta didik diajak untuk berlatih membaca dengan menggunakan kartu kata bergambar dengan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasihkkan. Tujuan dari penelitian ini adalh untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan kartu kata bergambar di RA Muslimat NU Salam 3, Salam, Salam, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan mengikuti prosedur Kemmis S, MC Tanggart R yang mencakup kegiatan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelompok B RA Muslimat NU Salam 3, Salam, Salam, Magelang. Pengambilan data dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab, analisis data penelitian dengan menggunakan prosentase pencapaian target. Sedang untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) belajar peserta didik meningkat setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan kartu kata bergambar. Pada siklus I pencapaian target mencapai 68,42 % dan pada siklus II sebesar 94,73% dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 26,31 %. %K Kata Kunci : Kemampuan membaca permulaan, media kartu kata bergambar, pembelajaran kemampuan bahasa. %D 2014 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib14057