%0 Thesis
%9 Skripsi
%A UMAR , NIM.  12485250
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2014
%F digilib:14061
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELA JAR PADA  MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN  METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT)  SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH  KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN  KABUPATEN PURWOREJO    
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14061/
%X  UMAR, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran  Matematika Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Numberred Head  Together (NHT) Siswa Kelas II madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Krendetan  Kecamatan Bagelen : Jurusan Pendidikan dan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga  Yogyakarta, 2014.  Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisa  pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numberred Head Together  (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran  matematika kelas II MIM Krendetan Kecamatan Magelen. Latar belakang  masalah penelitian ini adalah pembelajaran masih berorientasi pada guru,  rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode  yang kurang menarik. Dalam pembelajaran secara klasikal, perbedaan individu  jarang diperhatikan, semua siswa di dalam kelas dianggap sama. Oleh karena itu  perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan  menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan  peneliti, dengan subjek penelitiannta adalah siswa kelas II MIM Krendetan  Kecamatan Bagelen yang berjumlah 17siswa. Pengumpulan data dilakukan  dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan  dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data  dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan  terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan,  (3) observasi, dan (4) Refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui  model kooperatif tipe Numberred Head Together (NHT) dapat meningkatkan  hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan  belajar dengan prosentase pada pra tindakan sebesar 30 %, siklus I sebesar 71 %  dan pada siklus II sebesar 100 %. Peningkatan nilai rata-rata hasil tes pada pra  tindakan sebesar 53,8 , siklus I sebesar 68,5 , sedangkan siklus II sebesar 77,5.  dengan demikian, setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajarnya.    
%Z Pembimbing :  Muhammad Qowim, M.Ag