TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Muhammad Qowim, M.Ag

ID  - digilib14061
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14061/
A1  - UMAR , NIM.  12485250
Y1  - 2014/06/21/
N2  -  UMAR, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran
Matematika Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Numberred Head
Together (NHT) Siswa Kelas II madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Krendetan
Kecamatan Bagelen : Jurusan Pendidikan dan Keguruan Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2014.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisa
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numberred Head Together
(NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika kelas II MIM Krendetan Kecamatan Magelen. Latar belakang
masalah penelitian ini adalah pembelajaran masih berorientasi pada guru,
rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode
yang kurang menarik. Dalam pembelajaran secara klasikal, perbedaan individu
jarang diperhatikan, semua siswa di dalam kelas dianggap sama. Oleh karena itu
perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan
menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
peneliti, dengan subjek penelitiannta adalah siswa kelas II MIM Krendetan
Kecamatan Bagelen yang berjumlah 17siswa. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data
dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan
terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan,
(3) observasi, dan (4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui
model kooperatif tipe Numberred Head Together (NHT) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan
belajar dengan prosentase pada pra tindakan sebesar 30 %, siklus I sebesar 71 %
dan pada siklus II sebesar 100 %. Peningkatan nilai rata-rata hasil tes pada pra
tindakan sebesar 53,8 , siklus I sebesar 68,5 , sedangkan siklus II sebesar 77,5.
dengan demikian, setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajarnya.


PB  - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
M1  - skripsi
TI  - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELA JAR PADA
MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN
METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT)
SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH
KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN
KABUPATEN PURWOREJO


AV  - restricted
ER  -