@phdthesis{digilib14062, month = {June}, title = {UPAYA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS III MIN BATUR CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 13485286 AMIRA ZAHROH}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Sangkot Sirait, M.Ag}, keywords = {Kata kunci : media gambar, hasil belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14062/}, abstract = {AMIRA ZAHROH. Upaya menggunakan Media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas III A MIN Batur Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA pada kelas III A MIN Batur Ceper Klaten ini masih banyak siswa yang belum menguasai materi pelajaran IPA. Kadang-kadang pelajaran IPA oleh sebagian siswa merupakan suatu pelajaran yang cukup sulit untuk dipelajari. Penguasaan materi pelajaran IPA di MIN Batur khususnya kelas III A, mengenai materi Bentuk permukaan bumi dan kenampakan wilayah daratan dan lautan ( perairan ) masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa masih dibawah rata-rata yang ditetapkan oleh guru kelas III sebesar 65, maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar serta minat atau keaktifan siswa kelas III setelah penerapan media gambar tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MIN Batur Ceper Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi, untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : ( 1 ) perencanaan, ( 2 ) pelaksanaan, ( 3 ) wawancara dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan : media gambar ( gambar kenampakan di wilayah daratan dan lautan / perairan ) sangat efektif dan mempunyai andil dalam peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA khususnya materi bentuk permukaan bumi dan kenampakan alam di wilyah daratan dan lautan (perairan) di kelas III A MIN Batur Ceper Klaten, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan nilai rata-rata pelajaran IPA siswa atau hasil belajar IPA siswa yaitu sebesar 10,2\% dibandingkan sebelum pemanfaatan media gambar (gambar kenampakan di wilayah daratan dan lautan ). Seluruh siswa telah mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 65.} }