<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014"^^ . "Anis Widiastuti, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model\r\nPembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT)) Pada Siswa\r\nKelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten Tahun 2013/2014”.\r\nSkripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,\r\n2014.\r\nDalam pembelajaran IPA, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, dan\r\nsosial untuk membuktikan kebenaran hukum teori IPA yang telah dipelajari. Jika\r\nhal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap\r\npenguasaan konsep IPA dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI\r\nJambukidul, Ceper, Klaten dalam proses pembelajaran IPA belum melibatkan\r\nsiswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga\r\nberpengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah\r\ntersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model\r\npembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat,\r\ndan mencoba, salah satunya adalah model pembelajaan kooperatif tipe Teams\r\nGames Tournament (TGT).\r\nPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana\r\npenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)\r\ndapat meningkatkan hasil belajar anak kelas V MI Jambukidul, Ceper, Klaten\r\npada mata pelajaran IPA? (2) bagaimana hasil penerapan pembelajaran model\r\nkooperatif tipe TGT di kelas?\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan\r\ndalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,\r\ntindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini\r\nmeliputi: partisipasi siswa, prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian\r\nsoal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran,\r\ndan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya\r\npeningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam\r\npembelajaran IPA kelas V MI Jambukidul, Ceper, Klaten, yaitu meningkatnya\r\nprestasi siswa di atas KKM 75 yang mencapai 83% dari jumlah siswa kelas V MI\r\nJambukidul, Ceper, Klaten.\r\nHasil pengamatan pembelajaran dengan model pembelajaran model\r\nkooperatif dengan tipe Teams Games Tournament (TGT) dilaksanakan dengan\r\nlima langkah yaitu mengelompokkan siswa, guru mengenalkan konsep dan\r\nmendorong rasa ingin tahu siswa, pemahaman konsep hingga semua siswa\r\nmemahami materi, memainkan pertandingan/turnamen, guru memberikan\r\npenghargaan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan partisipasi siswa sebesar\r\n67% dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 83%."^^ . "2014-06-20" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13485285"^^ . "ANIS WIDIASTUTI"^^ . "NIM. 13485285 ANIS WIDIASTUTI"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA\r\nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER,\r\nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #14063 \n\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA \nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE \nTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA \nKELAS V MI MUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, \nKLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .