<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n"^^ . "Asrori, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Mind\r\nMapping Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten\r\nTahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan\r\nKeguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014.\r\nSiswa salah satu faktor yang sangat penting karena tanpa siswa kegiatan\r\npengajaran tidak mungkin terlaksana. Setiap anak mempunyai tingkat kecerdasan dan\r\nkemampuan yang berbeda-beda maka harus memperhatikan perbedaan individu. Suatu\r\nproses belajar mengajar kurang berhasil bukan berarti kebodohan anak, bisa juga\r\ndisebabkan rendahnya kualaitas pengajaran guru.\r\nJika dianalisis secara seksama, maka sesungguhnya permasalahan rendahnya\r\nkemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran IPS terjadi karena adanya beberapa\r\nfaktor, yaitu siswa kurang aktif dalam pembelajaran IPS, dan dikhawatirkan hal ini dapat\r\nmenghambat perkembangan siswa dalam belajar, hasil belajar IPS siswa kelas V, nilainya\r\nmasih banyak di bawah KKM dan guru masih menggunakan metode ceramah untuk\r\nmenyampaikan materi pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping\r\ndalam pembelajaran IPS di kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul, mengetahui hasil\r\nbelajar IPS siswa kelas V MI Muhammadiyah Jambukidul sebelum menggunakan metode\r\nMind Mapping dan mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas V MI Muhammadiyah\r\nJambukidul setelah menggunakan metode Mind Mapping.\r\nDari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan\r\nmenggunakan metode pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V MI\r\nMuhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan\r\ntindakan melalui empet tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan\r\nrefleksi. Pembelajaran dengan permainan Mind Mapping dapat mengaktifkan siswa\r\ndengan bekerja sama dalam kelompok-kelompoknya sehingga suasana kelas menjadi\r\nlebih kondusif dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam\r\npembelajaran guru berperan sebagai fasilitator yaitu menciptakan suasana belajar yang\r\nkondusif, dengan belajar secara aktif. Hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah\r\nJambukidul, Ceper, Klaten pada pelajaran IPS sebelum menggunakan metode\r\npembelajaran Mind Mapping masih rendah yaitu 50,10. Hal ini dikarenakan siswa kurang\r\nsenang dengan pelajaran IPS, selain banyak materi yang membutuhkan pemahaman dan\r\nhafalan yang dalam, pelajaran IPS juga dirasa siswa sangat menjenuhkan. Hal tersebut\r\nberujung pada sikap siswa yang sulit dikondisikan. Hasil belajar IPS siswa kelas V MI\r\nMuhammadiyah Jambukidul, Ceper, Klaten setelah menggunakan metode pembelajaran\r\nMind Mapping pada pembelajaran IPS meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa\r\ntersebut tampak dari nilai rata-rata pretest sebelum pembelajaran yaitu 50,10 dan pada\r\nsiklus I meningkat menjadi 61,10. Dan pada post test siklus II, rata-rata hasil belajar\r\nmeningkat lagi menjadi 70,50. Peningkatan nilai rata-rata kelas ini mencerminkan\r\npeningkatan hasil belajar masing-masing siswa sebelum pelaksanaan tindakan dan\r\nsesudah tindakan. Jika dilihat dari presentase ketuntasan sebelum tindakan sebesar 17%\r\nmeningkat menjadi 50% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II.\r\n\r\n"^^ . "2014-07-10" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 13485303"^^ . "ASRORI"^^ . " NIM. 13485303 ASRORI"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI\r\nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI\r\nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #14064 \n\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI \nMETODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI \nMUHAMMADIYAH JAMBUKIDUL, CEPER, KLATEN \nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .