%A NIM. 12415346 ERNA WULANDARI %O Pembimbing : Dr. Radjasa Mu’tasim, M.Si. %T PENERAPAN METODE PRAKTEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHOLAT SISWA KELOMPOK A PAUD TERPADU JABAL RAHMAH BANGUNTAPAN BANTUL %X Erna Wulandari, “Penerapan Metode Praktek Untuk Meningkatkan Keterampilan Sholat Siswa kelompok A PAUD Terpadu Jabal Rahmah Banguntapan Bantul “. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran sholat di kelompok A PAUD Terpadu Jabal Rahmah, siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar kurang begitu berminat serta mengalami kejenuhan, serta siswa dalam kegiatan belajar mengajar kecenderungan tidak memperhatikan dan hanya asyik bermain dengan temannya. Karena dalam menyampaiakan materi guru terbiasa dengan metode ceramah. Maka dari untuk membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dalam penelitian ini diterapkan metode praktek untuk dapat meningkatkan keterampilan sholat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode praktek yang dapat meningkatkan keterampilan dalam pembelajaran sholat di PAUD Terpadu Jabal Rahmah Banguntapan Bantul. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Terpadu Jabal Rahmah Banguntapan Bantul. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dalam melengkapi data yang diinginkan. Untuk memeriksa keabsahan data yang diinginkan yatu dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Hasil pengamatan penelitian yaitu : bahwa metode praktek dapat meningkatkan keterampilan sholat siswa kelompok A PAUD Terpadu Jabal Rahmah, hal itu terbukti dengan adanya peningkatan belajar siswa dengan senang, gembira, mendengarkan penjelasan guru. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan kenaikan persentase hasil kegiatan belajar mengajar. Pra tindakan 73,9 %, siklus I 84,4 % , siklus II 90,4 % , dengan demikian terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. %D 2014 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib14069