@phdthesis{digilib14076,
           month = {June},
           title = {UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS II MI YAPPI BALEHARJO
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

},
          school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM. 13485251  ISTIQOMAH SRI  RAHAYU  },
            year = {2014},
            note = {Pembimbing :  Dra. Hj Asnafiyah, M.Pd
},
        keywords = {Kata Kunci : Motivasi, Prestasi, Pembelajaran Matematika dan Permainan



},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14076/},
        abstract = {Istiqomah Sri Rahayu, ?Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar
Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Permainan Untuk Siswa kelas II MI
YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2013 / 2014?. Skripsi. Yogyakarta : Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah dalam proses
pembelajaran matematika pada siswa kelas II di MI YAPPI Baleharjo, Wonosari,
Gunungkidul pada tahun pelajaran 2013/2014 ini, dinilai kurang menarik minat
belajar siswa khususnya pada materi pembagian. Menurut pengamatan penulis,
penyebab hal tersebut salah satunya karena minimnya alat peraga yang digunakan
oleh guru. Sedangkan alat peraga berperan penting, karena hal tersebut dapat
memotivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Oleh karena itu,
penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mendiskripsikan
penggunaan alat peraga permainan ular tangga dalam meningkatkan motivasi dan
prestasi belajar pembagian dalam pembelajaran matematika untuk kelas II MI
YAPPI Baleharjo tahun pelajaran 2013/ 2014.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan tindakan. Untuk memperoleh data dalam penelitian
ini penulis melakukan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tes .
Sedangkan untuk pengolahan datanya dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga
permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa
dalam pembagian pada pelajaran matematika untuk siswa kelas II di MI YAPPI
Baleharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Peningkatan motivasi peserta didik dalam
pembelajaran dapat dilihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran
yang tergambar dari nilai observasi untuk motivasi siswa mulai dari 5,83 pada pra
tindakan, 8,17 pada siklus I ,dan 11,5 pada siklus II. Penggunaan alat peraga ini
juga dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata
siswa pada pembelajaran matematika untuk materi pembagian adalah 43,33,
setelah tindakan siklus pertama naik menjadi 58,33 dengan pencapian KKM 66,67
\% dan pada siklus ke dua nilai rata-rata 78,33 dengan pencapaian KKM 83 \%.
Dari kedua siklus tersebut menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga
permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi siswa yang berdampak pada
peningkatan prestasi belajar siswa.

}
}