TY  - THES
N1  - Pembimbing :  
Muhammad Qowim, M.Ag 

ID  - digilib14077
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14077/
A1  - KARYATI,   NIM. 12485152 
Y1  - 2014/06/11/
N2  - Karyati, ?Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Dengan Permainan Flash Card Pada Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Sidorejo Tahun 2013/2014?, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. 
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran yang disebabkan oleh bebarapa faktor, yaitu penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat, secara terus-menerus hanya menerapkan metode ceramah serta kurang pemanfaatan media pembelajaran secara optimal sehingga siswa menjadi bosan, yang memberikan efek kurang tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal. Kondisi tersebut diketahui pada pelaksanaan pra tindakan tanggal 5 Maret 2014. 
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan permainan flash card minat belajar bahasa Indonesia siswa kelas I MI Muhammadiyah Sidorejo dapat ditingkatkan?. Untuk meneliti masalah tersebut digunakan jenis penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan sebanyak 2 siklus tindakan, dengan tahapan setiap tindakan terdiri dari 4, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. 
Berdasarkan data-data yang diperoleh, pada tahap pra tindakan minat belajar bahasa Indonesia siswa masih rendah, dengan hasil observasi aktivitas siswa, dari 15 subjek hanya 4 subjek saja atau 26,67 % yang berhasil meraih skor rata-rata C (Cukup) dan 11 subjek lainnya atau 73,33 % masih mendapat skor K (Kurang). Kemudian pada tindakian siklus I hasil tersebut dapat ditingkatkan menjadi 2 atau 13,33 % berhasil meraih kriteria B (Baik), 7 atau 46,67 % meraih kriteria C (Cukup) dan masih terdapat 6 atau 40 % dengan kriteria K (Kurang). Selanjutnya dengan tindakan pada siklus II, subjek dengan kriteria K (Kurang) dapat ditekan menjadi 2 atau 13,33 %, sementara subjek dengan kriteria C (Cukup) ada 8 atau 53,34 %, dan subjek yang telah berhasil meraih kriteria B (Baik) meningkat menjadi 5 atau 33,33 %. Dengan hasil tersebut berarti bahwa dengan flash card, minat belajar bahasa Indonesia siswa dapat ditingkatkan. 


PB  - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
KW  - Kata Kunci: Minat Belajar Bahasa Indonesia
KW  -  Permainan
KW  -  Flash Card



M1  - skripsi
TI  -  UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PERMAINAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS I 
MI MUHAMMADIYAH SIDOREJO 
TAHUN 2013/2014 

AV  - restricted
ER  -