eprintid: 14083 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/40/83 datestamp: 2014-10-06 02:13:05 lastmod: 2017-02-21 03:19:36 status_changed: 2014-10-06 02:13:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUSFIROH , NIM. 12485171 title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG PERMULAAN DENGAN METODE BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT SAMBIL BELAJAR PADA KELOMPOK A1 RA MUSLIMAT NU BANDONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Kemampuan Membilang, Meningkatkan, Metode Jungkat-Jungkit note: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si abstract: Musfiroh, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang Permulaan Dengan Metode Bermain Jungkat Jungkit Sambil Belajar Pada Kelompok A1 RA Muslimat NU Bandongan Tahun Ajaran 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membilang permulaan 1 – 10 siswa kelompok A1 RA Muslimat NU Bandongan tahun ajaran 2013/2014 akibat kurang tepatnya penerapan metode dan media pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah penggunaan metode bermain jungkat-jungkit sambil belajar membilang permulaan (mengurutkan angka 1 – 10) pada kelompok A1 pada Ra Muslimat NU Bandongan tahun ajaran 2013/2014? Dan 2) Apakah dengan menerapkan permainan jungkat-jungkit sambil belajar dapat meningkatkan kemampuan membilang permulaan (mengurutkan angka 1 – 10) pada kelompok A1 RA Muslimat NU Bandongan tahun ajaran 2013/2014?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu keadaan yang sengaja dimunculkan secara bersama-sama di dalam kelas untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran di kelas. Dari data pra tindakan, dari 20 subjek yang diteliti, hanya 3 (15 %) subjek saja yang telah mampu mencapai skor B, dan 6 subjek (30 %) dengan skor C, sedangkan skor K masih terdapat 11 subjek (55 %). Setelah tindakan siklus I dengan menerapkan bermain jungkat-jungkit, terjadi peningkatan dengan 4 subjek (25 %) telah mencapai skor B dan 9 subjek (45 %) dengan skor C. Sementara skor K turun menjadi 7 (35 %). Kemudian setelah dilanjutkan dengan tindakan siklus II, jumlah subjek dengan skor B terdapat 6 atau 30 % dan 12 subjek atau 60 % dengan skor C. Jumlah subjek dengan skor K pada siklus II menurun menjadi hanya tinggal 2 sajaj atau 10 %. date: 2014-06-10 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUSFIROH , NIM. 12485171 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG PERMULAAN DENGAN METODE BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT SAMBIL BELAJAR PADA KELOMPOK A1 RA MUSLIMAT NU BANDONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14083/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14083/1/BAB%20II%2C%20III.pdf