@phdthesis{digilib14085, month = {June}, title = { UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12485173 NUR HANDAYANI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd. }, keywords = {Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media Gambar, Bustanul Athfal }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14085/}, abstract = {Nur Handayani, ?Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar Di Kelompok A Siswa BA Aisyiyah Rejosari Bandongan Tahun 2013/2014?, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Taman Kanak-Kanak/Raudlatul Athfal pada umumnya masih bersifat monoton. Begitu pula pada materi mengenal huruf hijaiyah, penyampaian materi yang dilakukan oleh pendidik biasanya hanya dilaksanakan dengan metode ceramah atau bercakap-cakap saja sehingga dalam menerima materi/pengetahuan, minat anak sangat kurang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa kelompok A BA Aisyiyah Rejosari Bandongan melalui media gambar. 2) Apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa kelompok A BA Aisyiyah Rejosari Bandongan tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari data yang diperoleh dalam penelitian pra tindakan dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa, dengan 5 indikator untuk menilai kemampuan siswa mengenal huruf hijaiyah, rata-rata nilai B diraih oleh 3 siswa (17,65 \%), nilai C diraih 5 siswa (29,41 \%) dan masih ada 9 siswa (52,94 \%) dengan nilai K. Hasil tindakan yang dilaksanakan pada siklus I terjadi peningkatan, dengan 4 siswa (23,53 \%) meraih B, 7 siswa (41,18 \%) meraih C dan masih terdapat 6 siswa (35,29 \%) dengan nilai K. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, subyek dengan nilai K dapat ditekan menjadi 3 siswa (17,65 \%) sementara nilai C diraih oleh 8 siswa (47,06 \%) dan nilai B diraih 6 siswa (35,29 \%) } }