eprintid: 14085 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/40/85 datestamp: 2014-10-06 02:17:11 lastmod: 2017-02-27 03:24:08 status_changed: 2014-10-06 02:17:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR HANDAYANI , NIM. 12485173 title: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media Gambar, Bustanul Athfal note: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd. abstract: Nur Handayani, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar Di Kelompok A Siswa BA Aisyiyah Rejosari Bandongan Tahun 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Taman Kanak-Kanak/Raudlatul Athfal pada umumnya masih bersifat monoton. Begitu pula pada materi mengenal huruf hijaiyah, penyampaian materi yang dilakukan oleh pendidik biasanya hanya dilaksanakan dengan metode ceramah atau bercakap-cakap saja sehingga dalam menerima materi/pengetahuan, minat anak sangat kurang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa kelompok A BA Aisyiyah Rejosari Bandongan melalui media gambar. 2) Apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa kelompok A BA Aisyiyah Rejosari Bandongan tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari data yang diperoleh dalam penelitian pra tindakan dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa, dengan 5 indikator untuk menilai kemampuan siswa mengenal huruf hijaiyah, rata-rata nilai B diraih oleh 3 siswa (17,65 %), nilai C diraih 5 siswa (29,41 %) dan masih ada 9 siswa (52,94 %) dengan nilai K. Hasil tindakan yang dilaksanakan pada siklus I terjadi peningkatan, dengan 4 siswa (23,53 %) meraih B, 7 siswa (41,18 %) meraih C dan masih terdapat 6 siswa (35,29 %) dengan nilai K. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, subyek dengan nilai K dapat ditekan menjadi 3 siswa (17,65 %) sementara nilai C diraih oleh 8 siswa (47,06 %) dan nilai B diraih 6 siswa (35,29 %) date: 2014-06-10 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR HANDAYANI , NIM. 12485173 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14085/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14085/1/BAB%20II%2C%20III.pdf