eprintid: 14087
rev_number: 31
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/40/87
datestamp: 2014-10-06 02:21:16
lastmod: 2017-02-28 07:30:34
status_changed: 2014-10-06 02:21:16
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: RA‟YATUL FACHIROH,   NIM. 12485183 
title:  UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR 
MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN 
METODE BERMAIN KARTU HURUF DI KELOMPOK B 
BA AISYIYAH SALAMKANCI BANDONGAN MAGELANG 
TAHUN 2013/2014 

ispublished: pub
subjects: pg_mi
divisions: pgmi
full_text_status: restricted
keywords: Kata Kunci : Membaca Permulaan, Kartu Huruf, Bustanul Athfal


note: Pembimbing :  
Dr. Imam Machali, M.Pd 


abstract: Ra‟yatul Fachiroh, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Bermain Kartu Huruf di Kelompok B BA Aisyiyah Salamkanci Bandongan Magelang Tahun 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. 
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca siswa BA Aisyiyah Salamkanci Bandongan Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014, dikarenakan kurangnya penerapan metode yang tepat dan bervariasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan belajar membaca permulaan siswa kelompok B dengan menggunakan metode bermain kartu huruf di BA Aisyiyah Salamkanci Bandongan Magelang tahun 2013/2014. 2) Apakah kemampuan membaca permulaan siswa kelompok B di BA Aisyiyah Salamkanci Bandongan Magelang tahun 2013/2014 dapat ditingkatkan dengan metode bermain kartu huruf. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari data yang diperoleh dalam penelitian pra tindakan dengan mengambil 17 subyek penelitian, terdapat 8 siswa atau 47,05 % telah berkemampuan membaca, sedangkan 9 atau 52,95 % belum berkemampuan 
Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas siklus I terjadi peningkatan, dengan 13 siswa atau 76,47 % berkemampuan membaca, sedangkan 4 siswa atau 23,53 % tidak berkemampuan. Dan pada tindakan siklus II meningkat lagi dengan keseluruhan subyek telah mencapai kemampuan membaca. 


date: 2014-06-15
date_type: published
institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   RA‟YATUL FACHIROH, NIM. 12485183   (2014)  UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU HURUF DI KELOMPOK B BA AISYIYAH SALAMKANCI BANDONGAN MAGELANG TAHUN 2013/2014.  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14087/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14087/1/BAB%20II%2C%20III.pdf