TY - THES N1 - Pembimbing : Andi Prastowa, M. Pd.I, ID - digilib14092 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14092/ A1 - SUTANTININGSIH , NIM. 12415328 Y1 - 2014/07/24/ N2 - Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran Bilangan 6-10 Melalui Kegiatan Bermain Pada Siswa Kelompok A di RA Masyitoh Waung Bungsing Guwosari Pajangan Bantul Pada Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam memahami angka 6-10 yang mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran, padahal keterlibatan aktif siswa dalam pembelajara akan membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi pelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang akan meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode bermain dalam pembelajaran pemahaman angka 6-10 dan meningkatkan keaktifan siswa kelompok A setelah metode tersebut di terapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar RA Masyitoh Waung Bungsing Guwosari Pajangan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi untuk melengkapi data yang diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkapkan data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) obsevasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan metode bermain dalam meningkatkan pemahaman angka 6-10 di kelompok A RA Masyitoh Waung Bungsing Guwosari Pajangan Bantul dilaksanakan dalam dua siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan reflesi setiap siklusnya terjadi perubahan prilaku siswa secara bertahap dalam mengikuti pembelajaran. 2) Peningkatan keaktifan siswa dalam meningkatkan pemahaman angka 6-10 dengan metode bermain cukup siknifikan. Peningkatan keaktifan siswa terlihat pada perhatian siswa terhadap penjelasan guru, kemauan menjawab pertanyaan dan perasaan senang terhadap materi pelajaran. Keaktifan siswadilihat dari hasil observasi pratindakan sebesar 35,42%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 51,25%, dan secara siknifikan pada siklus II naik menjadi 86,25%. Dengan demikian secara keseluruhan keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 50,83%. Peningkatan keaktifan tersebut secara bertahap dari kategori kurang dan akhirnya menjadi baik. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - keaktifan KW - bermain KW - pembelajaran KW - bilangan M1 - skripsi TI - PENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARANBILANGAN 6-10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN PADA SISWA KELOMPOK ADI RA MASYITOH WAUNGBUNGSING GUWOSARI PAJANGAN BANTUL PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted EP - 101 ER -