<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n"^^ . "Any Rokhmawati, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 2 MI Ma’arif\r\nGiriloyo 2 Wukirsari Imogiri Bantul Melalui Pendekatan Ketrampilan Proses. Skripsi,\r\nYogyakarta:FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.\r\nDalam pembelajaran IPA,siswa harus dilibatkan secara langsung, membuktikan\r\nkebenaran teori dan hukum IPA yang telah dipelajari. Di MIMa’arif Giriloyo2 dalam proses\r\npembelajaran belum banyak melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar\r\ndi kelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut,\r\nhal yang perlu dilakukan yaitu pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ketrampilan\r\nproses yang menuntut siswa untuk aktif, berani bertanya dan mencoba.\r\nPermasalahan yang dikajidalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan\r\npendekatan ketrampilan proses dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 2 MI\r\nMa’arif Giriloyo 2, 2) bagaimana hasil belajari siswa kelas 2 setelah menggunakan\r\npendekatan ketrampilan proses.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus,\r\nyang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasidan refleksi.\r\nDatayang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari\r\npemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran\r\nyang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan\r\nlapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi.\r\nIndikator keberhasilan dalam penelitian ini adalahadanya peningkatan prestasi belajar IPA\r\nsiswa kelas 2 MI Ma’arif Giriloyo 2 yaitu meningkatnya prestasi siswa di atas KKM 72 yang\r\nmencapai 75 % dari jumlah siswa kelas 2 MI Ma’arif Giriloyo 2.\r\nHasil penelitian,terlihat bahwa terjadi kenaikan rata-rata kelas dari Pra Siklus, Siklus I\r\nhingga Siklus II yaitu dari 66,4 pada kondisi awal pra siklus menjadi 74,64 pada akhir siklus I\r\ndan menjadi 79,4 pada akhir siklus II. Prosentase ketuntasan belajar pun mengalami\r\npeningkatan secara signifikan yaitu dari sebesar 56 % pada kondisi awal pra siklus menjadi\r\n68 % pada akhir siklus I dan akhirnya menjadi 76 % pada akhir siklus II.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-21" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13485223"^^ . "ANY ROKHMAWATI "^^ . "NIM. 13485223 ANY ROKHMAWATI "^^ . . . . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n\r\nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL\r\n\r\n \r\nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14095 \n\n \nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA \n \nSISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL \n \n \nMELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .