relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14105/
title: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA  PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADIS  DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MEMUDAHKAN  PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V MI NURUL HUDA  POKOH BANYUREJO TEMPEL SLEMAN
creator: SULIS MUNJIYATI  , NIM.  13485282
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata  Pelajaran al-Qur`an Hadis Dengan Metode Demonstrasi Dalam Memudahkan  Pemahaman Siswa di Kelas V MI Nurul Huda Pokoh Banyurejo Tempel Sleman”.  Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,  2014. Dalam pembelajaran al-Qur`an Hadis, sesungguhnya siswa memiliki potensi  yang harus dibantu dalam menggali dan mengembangkan potensinya oleh guru.  Selama ini siswa cenderung hanya sebagai pendengar, mencatat pelajaran dan  mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sehingga pembelajaran selalu bersifat  monoton, membosankan dan kurang dapat menggali kreativitas siswa. Kenyataannya  guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas.  Alasannya, metode ini dipandang efektif untuk menyampaikan informasi dan  pengertian tentang materi pembelajaran. Hal ini menjadikan pembelajaran kurang  menarik dan membosankan, karena siswa pasif, dan hanya guru yang aktif. Metode  ceramah juga kurang cocok untuk mengembangkan keterampilan dan sikap, yang  sebenarnya bisa mematikan potensi anak didik. Permasalahan yang dikaji dalam  penelitian ini adalah: (1) Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil  belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur`an Hadis di kelas V MI Nurul Huda Pokoh  Banyurejo Tempel Sleman, (2) Apakah dengan metode demonstrasi dapat  memudahkan pemahaman siswa pada mata pelajaran al-Qur`an Hadis di kelas V MI  Nurul Huda Pokoh Banyurejo Tempel Sleman.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode elaboratif dan partisipatif  sebagai perlakuan dari penelitian PTK. Dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing  siklus terdiri atas: tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang  diperoleh dalam penelitian ini meliputi: keaktifan siswa yang diambil dari  pengamatan, prestasi belajar siswa yang diambil dari soal tes pada akhir tiap siklus,  aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar  observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru dan dokumentasi. Indikator  keberhasilan penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan keaktifan siswa, (2)  adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur`an Hadis yaitu  meningkatnya nilai siswa dalam kategori baik yang mencapai 41,18% dan kategori  amat baik mencapai 35,29 dari jumlah siswa di kelas V MI Nurul Huda Pokoh.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat dipilih  sebagai pelengkap metode ceramah agar siswa tidak merasa bosan, proses  pembelajaran tidak monoton, mereka ikut berpartisipasi langsung sehingga mudah  memahaminya.. Hasil belajar pada siklus I menunjukkan rata-rata kelas sebesar 6,88  sedangkan hasil belajar pada siklus II menunjukkan rata-rata kelas sebesar 8,09.      
date: 2014-07-21
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14105/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14105/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   SULIS MUNJIYATI , NIM. 13485282  (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADIS DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MEMUDAHKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V MI NURUL HUDA POKOH BANYUREJO TEMPEL SLEMAN.  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.