TY  - THES
N1  - Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.,
ID  - digilib14105
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14105/
A1  - SULIS MUNJIYATI  , NIM.  13485282
Y1  - 2014/07/21/
N2  - Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran al-Qur`an Hadis Dengan Metode Demonstrasi Dalam Memudahkan
Pemahaman Siswa di Kelas V MI Nurul Huda Pokoh Banyurejo Tempel Sleman?.
Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,
2014. Dalam pembelajaran al-Qur`an Hadis, sesungguhnya siswa memiliki potensi
yang harus dibantu dalam menggali dan mengembangkan potensinya oleh guru.
Selama ini siswa cenderung hanya sebagai pendengar, mencatat pelajaran dan
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sehingga pembelajaran selalu bersifat
monoton, membosankan dan kurang dapat menggali kreativitas siswa. Kenyataannya
guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas.
Alasannya, metode ini dipandang efektif untuk menyampaikan informasi dan
pengertian tentang materi pembelajaran. Hal ini menjadikan pembelajaran kurang
menarik dan membosankan, karena siswa pasif, dan hanya guru yang aktif. Metode
ceramah juga kurang cocok untuk mengembangkan keterampilan dan sikap, yang
sebenarnya bisa mematikan potensi anak didik. Permasalahan yang dikaji dalam
penelitian ini adalah: (1) Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur`an Hadis di kelas V MI Nurul Huda Pokoh
Banyurejo Tempel Sleman, (2) Apakah dengan metode demonstrasi dapat
memudahkan pemahaman siswa pada mata pelajaran al-Qur`an Hadis di kelas V MI
Nurul Huda Pokoh Banyurejo Tempel Sleman.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode elaboratif dan partisipatif
sebagai perlakuan dari penelitian PTK. Dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing
siklus terdiri atas: tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini meliputi: keaktifan siswa yang diambil dari
pengamatan, prestasi belajar siswa yang diambil dari soal tes pada akhir tiap siklus,
aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar
observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru dan dokumentasi. Indikator
keberhasilan penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan keaktifan siswa, (2)
adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur`an Hadis yaitu
meningkatnya nilai siswa dalam kategori baik yang mencapai 41,18% dan kategori
amat baik mencapai 35,29 dari jumlah siswa di kelas V MI Nurul Huda Pokoh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat dipilih
sebagai pelengkap metode ceramah agar siswa tidak merasa bosan, proses
pembelajaran tidak monoton, mereka ikut berpartisipasi langsung sehingga mudah
memahaminya.. Hasil belajar pada siklus I menunjukkan rata-rata kelas sebesar 6,88
sedangkan hasil belajar pada siklus II menunjukkan rata-rata kelas sebesar 8,09.



PB  - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
KW  - Hasil Belajar Siswa
KW  -  Metode Demonstrasi
KW  -  Pelajaran al-Qur`an Hadis.
M1  - skripsi
TI  - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA  PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADIS  DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM MEMUDAHKAN  PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V MI NURUL HUDA  POKOH BANYUREJO TEMPEL SLEMAN
AV  - restricted
EP  - 133
ER  -