@phdthesis{digilib14131, month = {June}, title = { MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B RAUDLATUL ATHFAL MASYITHAH MADUGONDO KAJORAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12485199 SITI NASRIYAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag.}, keywords = {Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Media Cerita Bergambar, Meningkatkan }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14131/}, abstract = {Siti Nasriyah, ?Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Kelompok B Raudlatul Athfal Masyithah Madugondo Kajoran Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014?, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih tingginya jumlah siswa yang belum mampu mengeja kata dengan baik disebabkan metode pembelajaran guru yang monoton menerapkan metode ceramah, sehingga siswa merasa bosan dan aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran rendah. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah media cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini kelompok B Raudlatul Athfal Masyithah Madugondo Kajoran Kabupaten Magelang Jawa Tengah tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan melaksanakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa kelompok B Raudlatul Athfal Mastyithah Madugondo Kajoran yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian pada pra tindakan, diketahui bahwa jumlah siswa yang telah mampu mengeja kata sebanyak 11 anak (50\%) dan jumlah yang belum mampu adalah 11 anak (50\%). Pada siklus I, jumlah siswa yang telah mampu mengeja kata sebanyak 15 anak (68,18\%) dan yang belum mampu adalah 7 anak (31,81\%). Pada siklus II, jumlah siswa yang telah mampu mengeja kata sebanyak 19 anak (86,36\%) dan yang belum mampu adalah 3 anak (13,64\%). Kesimpulan dari skripsi ini adalah: 1) penerapan media cerita bergambar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa dan mampu meningkatkan aktivitas siswa selama kegiatna pembelajaran. 2) Penerapan media certa bergambar sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini, dan 3) Peningkatan kemampuan membaca anak pada siklus I adalah sebanyak 4 anak (36,4\%) dibandingkan dengan pra tindakan. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 4 anak (26,7\%) dibandingkan siklus I, dan 8 anak (72,7\%) dibandingkan pra tindakan. } }