eprintid: 14133 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/01/41/33 datestamp: 2014-10-09 02:06:57 lastmod: 2017-03-01 01:24:08 status_changed: 2014-10-09 02:06:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI ZUMAROH , NIM. 12485207 title: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH NABI PADA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI RA MUSLIMAT NU MAMBA’UL HUDA JOGONEGORO TIGA MERTOYUDAN MAGELANG ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Sejarah Nabi, Metode Bernyanyi note: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si. abstract: Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Nabi pada Anak Melalui Metode Bernyanyi di RA Muslimat NU Mamba‟ul Huda Jogonegoro Tiga Mertoyudan Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar anak tentang sejarah nabi kurang, anak lebih tertarik pada tokoh-tokoh kartun daripada rasulnya, anak lebih senang menghafalkan syair lagu yang dinyanyikan oleh idolanya di televisi, maka perlu diadakan penelitian untuk meningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang sejarah nabi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan metode bernyanyi dalam peningkatan prestasi belajar sejarah nabi di RA Muslimat NU Mamba‟ul Huda Jogonegoro Tiga Mertoyudan Magelang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar RA Muslimat NU Mamba‟ul Huda Jogonegoro Tiga Mertoyudan Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah nabi pada anak didik RA Muslimat NU Mamba‟ul Huda Jogonegoro Tiga Mertoyudan Magelang. Hal tersebut dibuktikan dari prestasi belajar sejarah nabi yang hanya mencapai nilai rata-rata 5,3 pada kondisi pratindakan sebelum subyek dikenai metode bernyanyi. Setelah subyek dikenai metode bernyanyi pada siklus I penelitian memiliki prestasi belajar dengan nilai rata-rata 9,1, pada siklus II mencapai nilai rata-rata 13,92, yang berarti telah mengalami peningkatan rata-rata 61,9%. Terbukti bahwa Teknik bernyanyi dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah nabi pada anak. date: 2014-07-16 date_type: published pages: 82 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: PERPUSTAKAAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SITI ZUMAROH , NIM. 12485207 (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH NABI PADA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI RA MUSLIMAT NU MAMBA’UL HUDA JOGONEGORO TIGA MERTOYUDAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14133/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14133/2/BAB%20II%2C%20III.pdf