relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14134/ title: PENERAPAN METODE BERCERITA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MORAL SISWA PADA KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU RINGINANOM I KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG creator: SITI SURYATI , NIM. 12485203 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Siti Suryati, “Penerapan Metode Bercerita Sebagai Upaya Peningkatan Moral Pada Siswa Kelompok A Di RA Muslimat NU Ringinanom I Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang” Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2014. Moral merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran moral peserta didik dilakukan agar terbentuk perilaku moral yang baik pada anak, khususnya pada anak usia dini yang memerlukan perhatian serta pemahaman terhadap dasar-dasar serta berbagai kondisi yang mempengaruhi perkembangan pada anak. Pada RA Muslimat NU Ringinanom 1 khususnya siswa kelompok A masih cenderung bertingkah laku kurang sopan dan berkelakuan baik, mereka bila berbicara masih banyak yang menggunakan katakata yang kasar dan kurang sopan dalam bertingkah laku. Untuk mengatasi hal tersebut maka penulis mencoba menanamkan moral pada siswa dengan cara menggunakan metode peembelajaran bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bercerita dapat meningkatkan moral pada siswa kelompok A RA Muslimat NU Ringinanom I, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri daritahap perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi aktivitas guru dan siswa dakam proses pembelajaran, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi saat selama proses pembelajaran dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan moral atau tingkah laku siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan metode bercerita yang dilakukan di RA Muslimat NU Ringinanom I pada kelompok A dengan memanfaatkan beberapa majalah, bukubuku cerita yang ada di sekolah. Adapun teknik pelaksanaannya dengan memilih cerita yang sesuai dengan tema yang diambil kemudian guru membacakan cerita yang dipilih tersebut , dan siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cerita yang disampaikan oleh guru serta guru diakhir cerita memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan cerita yang disampaikan tersebut. Peningkatan moral siswa pada kelompaok A RA Muslimat NU Ringinanom I dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang cukup bagus. Kadaan moral siswa yang dulunya sebagian besar siswa pada kelompok A mempunyai moral yang kurang baik misalnya dalam hal berbicara sering berteriak-teriak dan kurang sopan dengan orang yang lebih tua, sering berlarian kesana kemari dan selalu ramai didalam kelas setelah menggunakan metode bercerita mengalami peningkatan yang cukup baik. Sekarang mereka bisa lebih tertib dalam pembelajaran dan sedah tidak berteriak-teriak lagi. date: 2014-06-21 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14134/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14134/1/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: SITI SURYATI , NIM. 12485203 (2014) PENERAPAN METODE BERCERITA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MORAL SISWA PADA KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU RINGINANOM I KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.