@phdthesis{digilib14143,
           month = {June},
           title = {UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV
TENTANG PENAMPAKAN ALAM
DI MI MUHAMMADIYAH AL MUTTAQIEN SLEMAN},
          school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM.  13485281 ANA MIFTAKHUR RACHMAH},
            year = {2014},
            note = {Pembimbing :  Dr. Imam Machali, M.Pd},
        keywords = {Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Card Sort, Madrasah Ibtidaiyah},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14143/},
        abstract = {ANA MIFTAKHUR RACHMAH. Upaya Peningkatan hasil Belajar Siswa
Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Tentang
Penampakan Alam Di MI Muhammadiyah Al Muttaqien Sleman. Skripsi.
Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Latar Belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam proses
pembelajaran IPS di kelas IV MI Muhammadiyah Al-Muttaqien siswa kurang
memiliki motivasi dalam belajar. Keaktifan belajar siswa juga masih rendah.
Penyampaian materi dari guru yang masih banyak menggunakan ceramah
menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif. Banyak siswa yang merasa
bosan bahkan ramai sendiri ketika mendengarkan penjelasan guru. Ketika
mengerjakan tugaspun siswa kurang mengoptimalkan kemampuan berfikir
mereka. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas
pembelajaran dengan menerapkan metode Card Sort guna meningkatkan
motivasi dan keaktifan belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS melalui metode Card Sort
dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV setelah metode tersebut diterapkan.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar di MI Muhammadiyah
Al-Muttaqien Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi
data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik
sederhana untuk membantu dalam mengungkap kata. Sedangkan untuk memeriksa
keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber.
Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: Pertama perencanaan, kedua
pelaksanaan, ketiga observasi dan keempat refleksi.
Hasil penelitian menunjukan : metode Card Sort efektif digunakan pada
pembelajaran IPS khususnya siswa kelas IV MI Muhammadiyah Al Muttaqein
Sleman, hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang
terlihat pada perhatian, semangat, rasa senang, rasa ingin tahu bekerjasama dalam
kelompok, kemauan bertanya, antusias dalam mengerjakan tugas. Pada aspek
hasil belajar siklus I sebesar 62,7\% dan pada siklus II sebesar 68,6\%, hal ini
menunjukkan adanya peningkatan sebesar 5,9 \%. Dengan demikian pada aspek
hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil
belajar belajar siswa inipun berdampak positif pada peningkatan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam.}
}