relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14143/
title: UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI  METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV  TENTANG PENAMPAKAN ALAM  DI MI MUHAMMADIYAH AL MUTTAQIEN SLEMAN
creator: ANA MIFTAKHUR RACHMAH, NIM.  13485281
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: ANA MIFTAKHUR RACHMAH. Upaya Peningkatan hasil Belajar Siswa  Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Tentang  Penampakan Alam Di MI Muhammadiyah Al Muttaqien Sleman. Skripsi.  Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.  Latar Belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam proses  pembelajaran IPS di kelas IV MI Muhammadiyah Al-Muttaqien siswa kurang  memiliki motivasi dalam belajar. Keaktifan belajar siswa juga masih rendah.  Penyampaian materi dari guru yang masih banyak menggunakan ceramah  menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif. Banyak siswa yang merasa  bosan bahkan ramai sendiri ketika mendengarkan penjelasan guru. Ketika  mengerjakan tugaspun siswa kurang mengoptimalkan kemampuan berfikir  mereka. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas  pembelajaran dengan menerapkan metode Card Sort guna meningkatkan  motivasi dan keaktifan belajar siswa.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang  bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS melalui metode Card Sort  dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV setelah metode tersebut diterapkan.  Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar di MI Muhammadiyah  Al-Muttaqien Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan  pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi  data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik  sederhana untuk membantu dalam mengungkap kata. Sedangkan untuk memeriksa  keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber.  Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: Pertama perencanaan, kedua  pelaksanaan, ketiga observasi dan keempat refleksi.  Hasil penelitian menunjukan : metode Card Sort efektif digunakan pada  pembelajaran IPS khususnya siswa kelas IV MI Muhammadiyah Al Muttaqein  Sleman, hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang  terlihat pada perhatian, semangat, rasa senang, rasa ingin tahu bekerjasama dalam  kelompok, kemauan bertanya, antusias dalam mengerjakan tugas. Pada aspek  hasil belajar siklus I sebesar 62,7% dan pada siklus II sebesar 68,6%, hal ini  menunjukkan adanya peningkatan sebesar 5,9 %. Dengan demikian pada aspek  hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil  belajar belajar siswa inipun berdampak positif pada peningkatan hasil belajar  siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam.
date: 2014-06-22
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14143/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14143/31/BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   ANA MIFTAKHUR RACHMAH, NIM. 13485281  (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV TENTANG PENAMPAKAN ALAM DI MI MUHAMMADIYAH AL MUTTAQIEN SLEMAN.  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.