<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014"^^ . "Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil\r\nBelajar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV MI\r\nMuhammadiyah Selo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo Tahun\r\nPelajaran 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan\r\nUIN Sunan Kalijaga, 2014.\r\nBerhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan amat tergantung pada\r\nproses belajar yang dialami oleh siswa .Terkait dengan upaya peningkatan\r\nkualitas belajar tersebut khususnya pada mata pelajaran matematika materi\r\nbangun ruang, salah satu tawaran yang harus dikembangkan oleh guru adalah\r\nbagaimana guru bisa menggunakan media sebagai bahan integral dalam proses\r\npembelajaran dengan sebaik-baiknya. Dengan kata lain, seorang guru harus bisa\r\nmemanfaatkan benda di sekitar sebagai media dalam kegiatan belajar mengajar\r\nmeskipun program sekolah sudah terencana dengan baik. Selama ini satu-satunya\r\nmedia yang dominan digunakan guru adalah buku paket. Sedangkan metode\r\npembelajaran yang digunakan guru adalah metode ceramah dengan sedikit tanya\r\njawab. Metode pembelajaran yang seperti itu cenderung monoton dan\r\nmembosankan yang akhirnya akan berpengaruh pada melemahnya antusiasme\r\nsiswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini akhirnya berdampak pada hasil\r\nbelajar siswa yang rendah.Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka hal yang\r\nperlu dilakukan adalah menggunakan media benda konkret sehingga pembelajaran\r\nakan lebih menarik, menjadi konkrit, mudah dipahami, hemat waktu dan tenaga,\r\ndan pembelajaran lebih bermakna. Dengan begitu diharapkan hasil belajar siswa\r\nmeningkat.\r\nPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana\r\npenggunaan media benda konkret pada pembelajaran matematika bangun ruang di\r\nkelas IV MI Muhammadiyah Selo Kokap Semester II tahun pelajaran 2013/2014,\r\n(2) bagaimana hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas IV MI\r\nMuhammadiyah Selo Kokap Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah\r\nmenggunakan media benda konkret dalam pembelajaran.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan ( action research), karena\r\npenelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas.\r\nPenelitian ini terdiri Pendahuluan (Pra Siklus) dan Langkah Tindakan Kelas\r\n(Siklus). Adapun langkah PTK ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing\r\nsiklus meliputi Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Observasi\r\n(Observation) dan Refleksi (Reflection). Data yang diambil dalam penelitian ini\r\nmeliputi: keaktifan siswa yang diambil dari hasil pengamatan observer yang\r\ndiberikan pada tiap siklus, hasil belajar siswa yang diperoleh dari pemberian soal\r\ntes pada setiap akhir siklus, , wawancara dengan kepala madrasah dan gurudan,\r\naktivitas guru yang diambil dari lembar observasi guru dokumentasi. Indikator\r\ndari hasil keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) mampu menyelesaikan\r\nsoal dengan benar, (2) mampu menyampaikan jawaban secara lisan, (3) mampu\r\nmelaksanakan rangkaian kegiatan pembelajaran, (4) mampu merespon materi\r\nyang diberikan.Hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu 70.\r\nviii\r\nHasil penelitian penggunaan media benda konkret pada pembelajaran\r\nmatematika materi bangun ruang dilakukan dengan cara mengenalkan bangun\r\nruang dan unsur-unsurnya menggunakan model bangun ruang pejal, model\r\nbangun ruang berongga dan model kerangka bangun ruang. Sedangkan untuk\r\nmemudahkan pemahaman siswa tentang jaring-jaring bangun ruang dapat\r\nmenggunakan kemasan-kemasan yang berbentuk bangun ruang ruang, seperti\r\nkemasan pasta gigi, kemasan obat, kemasan alat kecantikan dan lain-lain.\r\nKemasan-kemasan tersebut digunting menurut jaring-jaringnya. Hasil penelitian\r\nini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan nilai rata-rata hasil\r\nbelajar siswa pada Pra Siklus hanya sebesar 60,45. Nilai itu meningkat menjadi\r\nsebesar 72,73 pada Siklus I, dan meningkat lagi pada Siklus II menjadi 92,73.\r\nPeningkatan nilai rata-rata ini diikuti juga dengan peningkatan prosentase\r\npencapaian KKM. Sebelum pelaksanaan siklus perbaikan (Pra Siklus) siswa yang\r\ntuntas hanya 4 (36%) siswa, setelah perbaikan Siklus I meningkat menjadi 7\r\n(64%) siswa dan pada siklus terakhir yaitu siklus II jumlah siswa yang tuntas\r\nmeningkat menjadi 11(100%).\r\n\r\n\r\n"^^ . "2014-08-08" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PERPUSTAKAAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 13485231"^^ . "PUJI ASTUTI"^^ . " NIM. 13485231 PUJI ASTUTI"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Text)"^^ . . . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Text)"^^ . . . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #14157 \n\nPENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SELO KOKAP KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .