%A  NIM.  12485176 NURROHMATIYAH 
%O Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
%T PENINGKATAN PRAKTIK WUDHU YANG BAIK DAN BENAR DENGAN METODE PRAKTIK LANGSUNG BAGI SISWA KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU JUMOYO 3
JUMOYO LOR JUMOYO SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

%X Peningkatan praktek wudhu yang baik dan benar dengan
metode praktek langsung bagi siswa kelompok B RA Muslimat NU Jumoyo 3
Jumoyo Lor, Jumoyo, Salam, Magelang”. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan PGMI
(Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pemahaman anak
tentang tata cara wudhu yang lebih baik dan benar pada siswa kelas B RA
Muslimat NU Jumoyo 3, Jumoyo, Salam, Magelang masih belum benar dan
belum serius karena guna memberikan pelajaran hanya ceramah, materi sehingga
siswa-siswa merasa bosan dan malah bercanda sendiri. Maka dari itu perlu
diadakannya penelitian untuk memperbaiki pembelajaran praktek wudhu agar
dapat meningkatkan motivasi dan memberikan bimbingan gerakan yang baik dan
benar kepada siswa kelas B.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan
untuk mendeskripsikan penerapan metode praktek langsung dalam meningkatkan
pemahaman siswa tentang tata cara berwudhu pada siswa kelas B di RA Muslimat
NU Jumoyo 3 setelah metode praktek langsung diterapkan.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang RA Muslimat
NU Jumoyo 3, Salam, Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini
menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dengan mengumpulkan
data.Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan
teknik triagulasi sumber. Adapun urutan kegiatan mencakup : 1) Rencana, 2)
Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan metode praktik langsung dapat dipilih
sebagai pengganti metode ceramah agar siswa tidak bosan, dan bisa memahami
gerakan-gerakan yang benar, dan siswa bisa berpartisipasi, aktif dan praktek
langsung cara berwudhu yang baik dan benar. Siswa tidak hanya mendengarkan
teori dan ceramah. Metode praktek langsung dapat digunakan untuk
meningkatkan pemahaman praktek wudhu kelas B di RA Muslimat NU Jumoyo
3, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan pemahaman dan keaktifan siswa
terlihat ada rasa senang, perhatian kalau diajak praktek wudhu, prasiklus 30%,
siklus I 50% dan siklus II 90%, hal ini mengalami peningkatan sebesar 20 dan
40% dengan demikian pada aspek keaktifan dan pemahaman mengalami
peningkatan pada setiap siklusnya.


%K Praktik Wudlu yang Baik dan Benar, Metode Praktik Langsung
%D 2014
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib14159