eprintid: 14160 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/41/60 datestamp: 2014-10-17 03:20:08 lastmod: 2017-01-31 06:30:36 status_changed: 2014-10-17 03:20:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AMRIH , NIM. 12485115 title: UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF LEBAK 2 KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted note: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si. abstract: Amrih, pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode eksperimen siswa kelas II MI Ma’arif Lebak 2 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Skripsi Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Mardasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas II MI Ma’arif Lebak 2 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, wawasan, dan kreatif dalam menentukan metode pembelajaran melalui metode eksperimen. Peneliti melakukan penelitian ditempat mengajar yaitu pada kelas II di MI Ma’arif Lebak 2 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang dengan jumlah 25 siswa. Obyek yang di observasi adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 6. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis kualitatif yang diperoleh dari rencana pembelajaran dan lembar observasi dan analisis kuantitatif yang diperoleh dari data hasil belajar siswa. Tindakan dilaksanakan dengan cara siswa melakukan kegiatan berupa pembelajaran yang terstruktur dengan metode eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi, perencanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode eksperimen telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi hasil belajar yang meningkat secara bertahap, rata-rata kelas yang meningkat, dan adanya perubahan positif baik dalam metode pembelajaran maupun situasi kegiatan pembelajaran. Dengan melihat situasi yang sama, peneliti memahami perlunya melakukan peningkatan keprofesionalan seorang pengajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Salah satunya kegiatan pembelajaran dengan metode eksperimen. date: 2014-07-21 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: AMRIH , NIM. 12485115 (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF LEBAK 2 KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA . document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14160/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14160/1/BAB%20II%2C%20III.pdf