@phdthesis{digilib14162, month = {July}, title = { UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN SIMPAI BAGI PESERTA DIDIK DI BA AISYIYAH SUCEN 3 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12485120 ANNA SOVIANJARI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M. Ag }, keywords = {Kata Kunci : Motorik Kasar, Bermain Simpai }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14162/}, abstract = {Anna Sovianjari Upaya Mengembangkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Bermain Simpai Bagi Peserta Didik di BA Aisyiyah Sucen 3 Salam Magelang. Skripsi Yogyakarta Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa di BA Aisyiyah Sucen 3 Salam Magelang dalam pembelajaran motorik kasar masih kurang bervariasi kegiatannya yang mengakibatkan peserta didik kurang terampil dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki pembelajaran yang tepat dan dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar peserta didik. Dengan kegiatan bermain simpai diharapkan mampu mengembangkan keterampilan motorik kasar peserta didik di BA Aisyiyah Sucen 3 Salam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan bermain simpai dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar BA Aisyiyah Sucen 3 Salam dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triagulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: penerapan kegiatan bermain simpai dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar peserta didik di BA Aisyiyah Sucen 3 Salam, hal tersebut terlihat dari adanya perkembangan keterampilan motorik kasar dengan aspek keaktifan pada siklus I 66,6\% dan pada siklus II 83,3\%. Dengan demikian keterampilan motorik kasar pada aspek keaktifan berkembang. } }