TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd. ID - digilib14164 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14164/ A1 - ASIH SUPRIHATIN , NIM. 13485254 Y1 - 2014/06/14/ N2 - Asih Suprihatin, ?Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Jarimatika pada Materi Perkalian Siswa Kelas III di MI YAPPI Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013 / 2014?. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran Matematika, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI YAPPI Peyuyon dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih mendominasi proses pembelajaran di kelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah Metode Jarimatika. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah prestasi belajar matematika sebelum menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian siswa kelas III di MI YAPPI Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 (2) Bagaimanakah penerapan metode jarimatika pada materi perkalian siswa kelas III MI YAPPI Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. (3) Bagaimanakah hasil prestasi belajar matematika dengan metode jarimatika pada materi perkalian siswa kelas III MI YAPPI Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi perstasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatkan prestasi siswa di atas KKM 65 yang mencapai 77,78% dari jumlah siswa kelas III MI YAPPI Peyuyon. Pembelajaran dengan metode Jarimatika dilaksanakan dengan lima tahapan yaitu penjelasan jarimatika, diskusi kelompok, praktek jarimatika individu, pemberian penguatan, dan pemberian penghargaan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan prestasi belajar matematika siswa pada siklus I rata-rata kelas sebesar 55,56 dan persentase ketuntasan belajar 22,22 %. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas sebesar 83,33. Dan persentase ketuntasan belajar sebesar 77,78 %. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci : Prestasi Pembelajaran Matematika KW - Metode Jarimatika. M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JARIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III DI MI YAPPI PEYUYON PACAREJO SEMANU GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -