@phdthesis{digilib14175, month = {June}, title = {UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI MI MA?ARIF SAMBUNGREJO GRABAG MAGELANG MELALUI METODE PERMAINAN PAPAN BILBUL }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12415277 SETIYOWATI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Ahmad Rodli }, keywords = {Kata Kunci : Minat belajar Siswa, Bilangan Bulat dan Metode Permainan Papan Bilbul. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14175/}, abstract = {Setiyowati. NIM : 12412577. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika tentang Bilangan Bulat pada siswa kelas VI MI Ma?arif Sambungrejo Grabag Magelang melalui metode Permainan Papan Bilbul. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui metode permainan papan bilbul pada siswa kelas VI MI Ma?arif Nipis Sambungrejo Grabag Magelang. Minat dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan subjek yang menetap, untuk merasa tertarik terhadap suatu bidang studi atau pokok bahasan tertentu dan merasa senang untuk mempelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan desain penelitian yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Data yang terkumpul disusun dalam bentuk table dan selanjutnya dianalisis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Analisis kualitatif mendeskripsikan data hasil observasi dan wawancara selama pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase setiap minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika telah mencapai target yang ditentukan. Persentase capaian rata-rata untuk pra siklus sebesar 45,16\%, hasil persentase capaian untuk siklus I sebesar 73,80\%. Sedangkan untuk minat belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 88,09\%. Simpulan penelitian yang diperloleh adalah metode permainan papan bilbul dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika tentang penjumlahan bilangan bulat siswa kelas VI MI Ma?arif Nipis Sambungrejo Grabag Magelang melalui metode permainan papan bilbul. } }