%A NIM. 12485195 SITI MARDHIYAH %O Pembimbing : Drs. Rofiq, M.Ag. %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN KELOMPOK A RA TAMANAGUNG 3 MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 %X Siti Mardhiyah,“Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Kelompok A RA Tamanagung 3 Muntilan”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Permasalahan yang dikaji penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran mengenal warna di RA Tamanagung 3 Muntilan? Bagaimana peningkatan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen ? Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenal warna dan metode eksperimen di RA Tamanagung 3 Muntilan sudah sesuai dengan yang diharapkan, baik dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan serta evaluasi. Metode eksperimen merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mengenalkan warna – warna kelompok A RA Tamanagung 3 Muntilan, menjadi warna baru pada anak. Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan dalam kegiatan eksperimen mencampur warna pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa : Penerapan metode eksperimen mencampur warna dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal warna di RA Tamanagung 3 Muntilan yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dan siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2014 dan siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2014. Secara keseluruhan, pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar dan baik dan sesuai dengan rencana kegiatan pembelajaran yang telah disusun sehingga dilakukan dengan baik. Serta peningkatan kemampuan mengenal warna dengan melalui metode eksperimen sudah baik. Peningkatan kemampuan anak mengenal warna kelompok A RA Tamanagung 3 Muntilan terlihat pada perhatian, pendengaran terhadap mengutarakan hasil dari percobaan, kegiatan belajar. Hasil peningkatan kemampuan mengenal warna dapat dilihat dari hasil observasi pratindakan awal yang berani mencoba, tetapi masih kurang pas pada waktu mengutarakan hasil pencampuran warna. Pada siklus I kemampuan mengenal warna mencapai 60% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Dengan demikian secara keseluruhan keaktifan anak mengalami peningkatan 30 %. Pelaksanaan metode eksperimen di RA Tamanagung 3 Muntilan sesuai dengan teori yang ada, baik perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan dan evaluasi. Metode eksperimen merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna kelompok A di RA Tamanagung 3 Muntilan karena anak itu penuh dengan suka cita dan anak senang melakukan percobaan mencampur warna sehingga berubah menjadi warna yang baru dan tepat melatih kemampuan kognitif anak. Penggunaan media yang tepat juga akan lebih memotivasi anak dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. %K Kata kunci : Mengenal Warna, Metode Eksperimen. %D 2014 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib14180