relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14181/
title: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn  TEMA KEBHINEKAAN DALAM KERAGAMAN BUDAYA  MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA  DI KELAS III MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI  IMOGIRI BANTUL
creator: SOFHANAH, NIM.  13485227
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: Sofhanah, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas III MI  Ma’arif Giriloyo 2 Wukirsari Imogiri Bantul Melalui Penerapan Media Alat  Peraga. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan  Kalijaga, 2014.  Latar belakang dari permasalahan ini adalah bahwa dalam proses  pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik dinilai  kurang berminat dalam belajar dan kurang termotivasi untuk belajar. Menurut  penulis ada beberapa faktor yang melatar belakangi terjadinya hal tersebut.  Salah satu penyebabnya adalah masih minimnya guru dalam menggunakan alat  peraga dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan alat peraga bagi  peserta didik sangatlah penting karena dengan alat peraga itu dapat merangsang  stimulus peserta didik untuk lebih cepat memahami apa yang disampaikan guru,  juga bisa mengenali atau melihat secara langsung (kongkret) mengenai apa yang  diterimanya, sehingga siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan  oleh guru.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan  dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,  tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian penulis  mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan angket untuk  melengkapi data.  Hasil penelitian menunjukkan: bahwa terjadi kenaikan rata-rata kelas  dari Pra Siklus, Siklus I hingga Siklus II yaitu dari rata-rata nilai 68 pada pra  siklus menjadi 71 pada akhir siklus I dan menjadi 73 pada akhir siklus II.  Prosentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan secara signifikan yaitu  dari 43 % pada kondisi awal pra siklus, menjadi 69 % pada akhir siklus I dan  menjadi 87 % pada akhir siklus II  Dari dua siklus tersebut menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga  gambar dan juga slide (tayangan) dapat meningkatkan prestasi siswa dari  sebelumnya yang nilainya belum mencapai KKM maka setelah diadakan  tindakan nilainya dapat mencapai bahkan melebihi dari Kriteria Ketuntasan  Minimal yang telah ditetapkan.
date: 2014-07-10
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14181/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14181/33/BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   SOFHANAH, NIM. 13485227  (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TEMA KEBHINEKAAN DALAM KERAGAMAN BUDAYA MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA DI KELAS III MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL.  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.