TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Drs.H. Sedya Santosa, SS.M.Pd
ID  - digilib14181
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14181/
A1  - SOFHANAH, NIM.  13485227
Y1  - 2014/07/10/
N2  - Sofhanah, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas III MI
Ma?arif Giriloyo 2 Wukirsari Imogiri Bantul Melalui Penerapan Media Alat
Peraga. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga, 2014.
Latar belakang dari permasalahan ini adalah bahwa dalam proses
pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik dinilai
kurang berminat dalam belajar dan kurang termotivasi untuk belajar. Menurut
penulis ada beberapa faktor yang melatar belakangi terjadinya hal tersebut.
Salah satu penyebabnya adalah masih minimnya guru dalam menggunakan alat
peraga dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan alat peraga bagi
peserta didik sangatlah penting karena dengan alat peraga itu dapat merangsang
stimulus peserta didik untuk lebih cepat memahami apa yang disampaikan guru,
juga bisa mengenali atau melihat secara langsung (kongkret) mengenai apa yang
diterimanya, sehingga siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan
oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian penulis
mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan angket untuk
melengkapi data.
Hasil penelitian menunjukkan: bahwa terjadi kenaikan rata-rata kelas
dari Pra Siklus, Siklus I hingga Siklus II yaitu dari rata-rata nilai 68 pada pra
siklus menjadi 71 pada akhir siklus I dan menjadi 73 pada akhir siklus II.
Prosentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan secara signifikan yaitu
dari 43 % pada kondisi awal pra siklus, menjadi 69 % pada akhir siklus I dan
menjadi 87 % pada akhir siklus II
Dari dua siklus tersebut menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga
gambar dan juga slide (tayangan) dapat meningkatkan prestasi siswa dari
sebelumnya yang nilainya belum mencapai KKM maka setelah diadakan
tindakan nilainya dapat mencapai bahkan melebihi dari Kriteria Ketuntasan
Minimal yang telah ditetapkan.
PB  - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Kata Kunci: Prestasi Belajar
KW  -  Peraga
KW  -  Kebinekaan
KW  -  MI. Ma?arif Giriloyo2
M1  - skripsi
TI  - UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn
TEMA KEBHINEKAAN DALAM KERAGAMAN BUDAYA
MELALUI PENERAPAN ALAT PERAGA
DI KELAS III MI MA?ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI
IMOGIRI BANTUL
AV  - restricted
ER  -