@phdthesis{digilib14184, month = {June}, title = {PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK MODELING THE WAY PADA MATERI IBADAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SHALAT BERJAMA?AH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUNUNGSAREN TRIMURTI SRANDAKAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12415331 SURATMAN }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag. }, keywords = {Kata kunci: Strategi Modeling The Way, Keaktifan shalat berjama?ah, Prestasi belajar PAI. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14184/}, abstract = {SURATMAN. Penerapan Strategi Pembelajaran dengan Teknik Modeling The Way pada Materi Ibadah untuk Meningkatkan Keaktifan Shalat Berjama?ah dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Gunungsaren Trimurti Srandakan Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1) melaksanakan/menerapkan strategi pembelajaran dengan teknik Modeling The Way pada materi ibadah siswa kelas IV SD Gunungsaren Trimurti Srandakan Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Dapat meningkatkan keaktifan shalat berjama?ah dan prestasi belajar PAI pada siswa kelas IV SD Gunungsaren Trimurti Srandakan Bantul dengan menggunakan strategi Modeling The Way Model penelitian tindakan kelas digunakan dengan tahapan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan. 3) observasi dan 4) refleksi, tentang teknik Modeling The Way pada materi ibadah shalat. Dengan teknik pengumpulan data yang utama adalah pengamatan yang dilaksanakan kolaborator yang dilaksanakan oleh guru sebagai partisipan. Analisa data dengan menggunakan deskripsi kualitatif yaitu dengan pengumpulan data yang diperoleh pada masing-masing siklus, mengidentifikasikan, mengklarifikasi, menghubungkan dengan teori literature yang mendukung masalah dan ditarik kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran dengan teknik Modeling The Way dalam upaya peningkatkan keaktifan shalat berjama?ah dan prestasi belajar PAI dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Sebelum pelaksanaan siklus I dan II dilakukan pemantauan nilai rata-rata 6,9 yang dicantumkan dalam pra siklus. Pada siklus I pada tatap muka pertama siswa masih belum mantap dan pembelajaran belum sesuai rencana. Pada tatap muka ke dua siklus I siswa melakukan demonstrasi lebih tertata, serius namun kelompok yang tidak tampil belum memperhatikan, kegiatan dalam kelompok juga masih belum sesuai yang diharapkan, sehingga perlu diperbaiki lagi. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus II dengan teknik Modeling The Way sub materi shalat mengalami peningkatan pembelajaran. Perolehan skor nilai hasil belajar pada siklus I sebesar 7,29 prosentase pada siklus I 82,35 \%. Pada siklus II ada peningkatan yang cukup signifikan, skor nilai hasil belajar sebesar 8,40. Prosentase menjadi 100\%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara langsung bagi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran materi ibadah shalat pada siswa kelas IV SD Gunungsaren Trimurti Srandakan Bantul. } }