%A NIM.  12485182 PUJIYATININGSIH
%O Pembimbing :  Dr. H. Sumedi, M.Ag.
%T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA
DENGAN METODE DRILL SISWA KELAS I DI MADRASAH
IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRADENAN 1
SRUMBUNG MAGELANG
%X Pujiyatiningsih, Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan
Metode •Drill Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Kradenan 1, Srumbung,
Magelang. Skripsi program DMS Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tahun 2014.
Latar belakang masalah penelitian adalah pada dasarnya anak yang memiliki
prestasi bahasa Indonesia bagus ia juga mempunyai intelegensi, sikap, dan dapat
memahami terhadap pelajaran bahasa Indonesia yang baik pula. Namun, pada
kenyataannya siswa kelas I masih banyak yang belum bisa membaca, padahal
materi yang ada dikelas I sangat banyak pada pelajaran bahasa Indonesia. Dimana
pelajaran bahasa menuntut agar anak kelas I harus dapat membaca dan menulis
dengan baik dan lancar, namun kenyataannya banyak anak kelas I hingga
memasuki ke kelas berikutnya banyak yang belum dapat atau belum lancar
membaca dan menulis. Untuk mengupayakan peningk:atan membaca perlu
mengadakan penelitian, yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
bertujuan mendiskripsikan penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa
Indonesia <Jan meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa kelas I setelah metode
tersebut diterapkan.
Penelitian tindakan kelas mengambil subyek siswa kelas I di MI
Muhammadiyah Kradenan 1, Srumbung, Magelang. Fokus pada penelitian ini
adalah penggunaan metode drill dalam upaya meningkatkan kemampuan
membaca. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan
catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi tindakan kelas berupa
penggunaan media kartu huruf, kata dan kalimat sederhana dapat meningkatkan
kemampuan membaca. Untuk mencapai tujuan penelitian tindakan kelas, maka
dilakukan proses pengkajian berdaur terdiri dari empat langk:ah, yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan reflelksi.
Penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran membaca dengan metode drill
adalah salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mengulang
membaca kalimat sederhana. (2) Pada saat pelaksanaan pembelajaran banyak
melibatkan siswa untuk aktifdan minat dalam membaca. (3) Dengan metode drill
mampu meningk:atkan basil belajar siswa. Pada prestasi membaca ada
peningk:atan diatas KKM 60 yang mencapai 86% dari jumlah siswa kelas I MI
Muhammadiyah Kradenan 01. Pada prestasi membaca di siklus I sebesar 43%
yang mencapai ketuntasan kemudia.ti pada siklus n sebesar 86% yang mencapai
ketuntasan, dan siklus lli sebesar 86%. Hal ini terjadi kenaikan yang signiftkan
sebesar 43%. Dengan demikian prestasi membaca siswa mengalami kenaikan.
%K Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia Ml, Metode Drill, Prestasi,
Keaktifan
%D 2014
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%L digilib14190