eprintid: 14194 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/41/94 datestamp: 2014-10-21 00:58:58 lastmod: 2017-02-27 04:45:08 status_changed: 2014-10-21 00:58:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURROHMATIYAH, NIM. 12485176 title: PENINGKATAN PRAKTIK WUDHU YANG BAIK DAN BENAR DENGAN METODE PRAKTIK LANGSUNG BAGI SISWA KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU JUMOYO 3 JUMOYO LOR JUMOYO SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : Praktik Wudlu yang Baik dan Benar, Metode Praktik Langsung note: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si abstract: Nurrohmatiyah, “Peningkatan praktek wudhu yang baik dan benar dengan metode praktek langsung bagi siswa kelompok B RA Muslimat NU Jumoyo 3 Jumoyo Lor, Jumoyo, Salam, Magelang”. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pemahaman anak tentang tata cara wudhu yang lebih baik dan benar pada siswa kelas B RA Muslimat NU Jumoyo 3, Jumoyo, Salam, Magelang masih belum benar dan belum serius karena guna memberikan pelajaran hanya ceramah, materi sehingga siswa-siswa merasa bosan dan malah bercanda sendiri. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki pembelajaran praktek wudhu agar dapat meningkatkan motivasi dan memberikan bimbingan gerakan yang baik dan benar kepada siswa kelas B. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode praktek langsung dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang tata cara berwudhu pada siswa kelas B di RA Muslimat NU Jumoyo 3 setelah metode praktek langsung diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang RA Muslimat NU Jumoyo 3, Salam, Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dengan mengumpulkan data.Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triagulasi sumber. Adapun urutan kegiatan mencakup : 1) Rencana, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan metode praktik langsung dapat dipilih sebagai pengganti metode ceramah agar siswa tidak bosan, dan bisa memahami gerakan-gerakan yang benar, dan siswa bisa berpartisipasi, aktif dan praktek langsung cara berwudhu yang baik dan benar. Siswa tidak hanya mendengarkan teori dan ceramah. Metode praktek langsung dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman praktek wudhu kelas B di RA Muslimat NU Jumoyo 3, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan pemahaman dan keaktifan siswa terlihat ada rasa senang, perhatian kalau diajak praktek wudhu, prasiklus 30%, siklus I 50% dan siklus II 90%, hal ini mengalami peningkatan sebesar 20 dan 40% dengan demikian pada aspek keaktifan dan pemahaman mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. date: 2014-06-25 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NURROHMATIYAH, NIM. 12485176 (2014) PENINGKATAN PRAKTIK WUDHU YANG BAIK DAN BENAR DENGAN METODE PRAKTIK LANGSUNG BAGI SISWA KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU JUMOYO 3 JUMOYO LOR JUMOYO SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14194/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14194/1/BAB%20II%2C%20III.pdf