%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR HIDAYAH WAHYUNINGSIH , NIM. 12485174 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14195 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Kemampuan membaca, Media Gambar. %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI RA MUSLIMAT NU BONDOWOSO KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14195/ %X Nur Hidayah Wahyuningsih, "Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Dengan Menggunakan Media Gambar Di RA Muslimat NU Bondowoso Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang". Skripsi. Yogyakarta, 2014. Membaca merupakan salah satu pengembangan kemampuan bahasa yang diajarkan pada anak usia dini untuk dapat mempersiapkan peserta didik dalam melanjutkan jenjang yang lebih tinggi. Mengingat pentingnya pembelajaran membaca sejak usia dini maka diterapkan strategi menggunakan media gambar dalam pembelajaran membaca sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca anak dan seberapa besar peningkatan kemampuan membaca anak dengan menggunakan media gambar di Raudhatul Athfal Muslimat NU Bondowoso Mertoyudan Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi siswa, hasil wawancara dengan guru dan siswa, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah anak dapat memperhatikan guru, anak dapat membaca gambar, anak dapat mengenal huruf dan anak dapat merangkai huruf. Hasil pengamatan pembelajaran kemampuan membaca anak dengan media gambar mengalami peningkatan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 64,47% dengan kategori sedang, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89,47% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, secara keseluruhan kemampuan membaca anak mengalami peningkatan sebesar 32,90%. Peningkatan kemampuan anak tersebut secara bertahap dari kategori sedang dan akhirnya menjadi kategori tinggi. %Z Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.