<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n"^^ . "Nur Asyiyah Wakhid Kusuma Puspaningrum, “Peningkatan Proses\r\nPembelajaran Tentang Luas Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang melalui\r\nModel Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas III MIN Playen\r\nGunungkidul Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu\r\nTarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Belajar merupakan proses\r\nmanusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan, dan sikap.\r\nMatematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan setiap jenjang\r\npendidikan formal memegang peranan penting, karena matematika merupakan\r\nsarana berfikir ilmiah yang mendukung untuk mengkaji IPTEK. Prestasi belajar\r\nmatematika di MIN Playen khususnya kelas III masih belum memenuhi KKM\r\ndikarenaka strategi belajar yang digunakan belum tepat. Selain hal tersebut,\r\npelajaran matematika bagi siswa adalah pelajaran yang sulit. Hal tersebut terbukti\r\nsebagian besar siswa mengeluh apabila diajak belajar matematika. Ketika diberi\r\ntugas sering tidak selesai tepat waktu, dan lebih suka bermain dan mengobrol,\r\nalasannya pelajaran matematika memusingkan dan lain-lain. Sebuah proses\r\nbelajar mengajar dalam pelaksanaannya membutuhkan strategi pengajaran yang\r\ntepat untuk mengantarkan kegiatan pembelajaran ke arah yang dicita-citakan.\r\nUntuk mengatasi hal tersebut hal yang dilakukan yaitu dengan menggunakan\r\nstrategi pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif salah satunya strategi\r\npembelajaran kooeratif tipe STAD. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini\r\nadalah : (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD\r\nterhadap peningkatan proses pembelajaran pada siswa kelas III MIN Playen\r\nGunungkidul, (2) Bagaimana hasil dari pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe\r\nSTAD pada siswa kelas III MIN Playen Gunungkidul.\r\nJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan\r\ndalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,\r\ntindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi\r\n: Aktivitas guru dan siswa selama proses belajar mengajar yang diambil dari\r\nlembar observasi aktivitas guru dan siswa, prestasi belajar siswa yang diambil dari\r\npemberian soal tes pada tiap akhir siklus, catatan lapangan untuk mencatat\r\nkeadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator\r\nkeberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) Adanya peningkatan partisipasi\r\nsiswa, (2) Adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu\r\nmeningkatnya prestasi siswa diatas KKM 63.\r\nHasil penelitian menyimpulkan bahwa sebelum tindakan rata-rata nilai\r\nevaluasi siswa pada tes pra tindakan 43,07. Pada siklus 1 nilai rata-rata evaluasi\r\nsiswa adalah 52,88 dan pada siklus II naik menjadi 68,46.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-14" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13485271"^^ . "NUR ASYIYAH WAKHID KUSUMA PUSPANINGRUM "^^ . "NIM. 13485271 NUR ASYIYAH WAKHID KUSUMA PUSPANINGRUM "^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN\r\nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG\r\nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD\r\nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14196 \n\nPENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN \nTENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG \nMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD \nPADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .