eprintid: 14196 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/41/96 datestamp: 2014-10-21 01:03:19 lastmod: 2017-02-27 06:44:47 status_changed: 2014-10-21 01:03:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR ASYIYAH WAKHID KUSUMA PUSPANINGRUM , NIM. 13485271 title: PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN TENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Peningkatan Proses Pembelajaran, Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang, Metode STAD note: Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA abstract: Nur Asyiyah Wakhid Kusuma Puspaningrum, “Peningkatan Proses Pembelajaran Tentang Luas Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas III MIN Playen Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan, dan sikap. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan setiap jenjang pendidikan formal memegang peranan penting, karena matematika merupakan sarana berfikir ilmiah yang mendukung untuk mengkaji IPTEK. Prestasi belajar matematika di MIN Playen khususnya kelas III masih belum memenuhi KKM dikarenaka strategi belajar yang digunakan belum tepat. Selain hal tersebut, pelajaran matematika bagi siswa adalah pelajaran yang sulit. Hal tersebut terbukti sebagian besar siswa mengeluh apabila diajak belajar matematika. Ketika diberi tugas sering tidak selesai tepat waktu, dan lebih suka bermain dan mengobrol, alasannya pelajaran matematika memusingkan dan lain-lain. Sebuah proses belajar mengajar dalam pelaksanaannya membutuhkan strategi pengajaran yang tepat untuk mengantarkan kegiatan pembelajaran ke arah yang dicita-citakan. Untuk mengatasi hal tersebut hal yang dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif salah satunya strategi pembelajaran kooeratif tipe STAD. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan proses pembelajaran pada siswa kelas III MIN Playen Gunungkidul, (2) Bagaimana hasil dari pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MIN Playen Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : Aktivitas guru dan siswa selama proses belajar mengajar yang diambil dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada tiap akhir siklus, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) Adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) Adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa diatas KKM 63. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebelum tindakan rata-rata nilai evaluasi siswa pada tes pra tindakan 43,07. Pada siklus 1 nilai rata-rata evaluasi siswa adalah 52,88 dan pada siklus II naik menjadi 68,46. date: 2014-06-14 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR ASYIYAH WAKHID KUSUMA PUSPANINGRUM , NIM. 13485271 (2014) PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN TENTANG LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III MIN PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14196/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14196/1/BAB%20II%2C%20III.pdf