@phdthesis{digilib14197, month = {July}, title = {UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12485249 NORHADIRIJANTO }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Muhammad Qowim, M.Ag }, keywords = {Kata Kunci: Pembelajaran bahasa Indonesia MI, Metode Suku Kata, Trampil Membaca. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14197/}, abstract = {Norhadirijanto, ?Upaya Peningkatan Ketrampilan Membaca Melalui Metode Suku Kata Pada Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode membaca suku kata dapat meningkatkan ketrampilan membaca pada siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan membaca dengan menggunakan Metode Suku Kata pada siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Dengan dilakukan penelitian tindakan kelas ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak yang terkait dengan kegiatan pembelajaran khususnya pelajaran bahasa Indonesia, antara lain: (1) Guru, (2) Siswa, (3) Sekolah, dan (4) masyarakat dunia pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas I. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siklus I sebesar 66,30, pada siklus II sebesar 69,70. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I = 40\%, siklus II = 95\%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode membaca Suku Kata dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. } }