%0 Thesis
%9 Skripsi
%A NORHADIRIJANTO , NIM.  12485249
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2014
%F digilib:14197
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%K Kata Kunci: Pembelajaran bahasa Indonesia MI, Metode Suku Kata, Trampil  Membaca.      
%T UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA  MELALUI METODE SUKU KATA  PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH  KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN  PURWOREJO  SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014  
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14197/
%X Norhadirijanto, “Upaya Peningkatan Ketrampilan Membaca Melalui  Metode Suku Kata Pada Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan  Bagelen Kabupaten Purworejo Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi.  Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.  Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana  penggunaan metode membaca suku kata dapat meningkatkan ketrampilan  membaca pada siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen  Kabupaten Purworejo.  Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan  membaca dengan menggunakan Metode Suku Kata pada siswa kelas 1 MI  Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Dengan  dilakukan penelitian tindakan kelas ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi  berbagai pihak yang terkait dengan kegiatan pembelajaran khususnya pelajaran  bahasa Indonesia, antara lain: (1) Guru, (2) Siswa, (3) Sekolah, dan (4)  masyarakat dunia pendidikan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan  dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,  tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah  Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Tahun Pelajaran  2013/2014. Subjek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas I. Instrumen  penelitian yang digunakan adalah metode pengamatan (observasi) dan  dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siklus I sebesar 66,30, pada  siklus II sebesar 69,70. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I = 40%,  siklus II = 95%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode membaca Suku  Kata dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa  Indonesia.    
%Z Pembimbing :  Muhammad    Qowim,    M.Ag