eprintid: 14197
rev_number: 31
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/41/97
datestamp: 2014-10-21 01:06:10
lastmod: 2017-02-27 07:27:27
status_changed: 2014-10-21 01:06:10
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: NORHADIRIJANTO , NIM.  12485249
title: UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA
MELALUI METODE SUKU KATA
PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH
KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN
PURWOREJO
SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ispublished: pub
subjects: pg_mi
divisions: pgmi
full_text_status: restricted
keywords: Kata Kunci: Pembelajaran bahasa Indonesia MI, Metode Suku Kata, Trampil
Membaca.



note: Pembimbing :  Muhammad    Qowim,    M.Ag

abstract: Norhadirijanto, “Upaya Peningkatan Ketrampilan Membaca Melalui
Metode Suku Kata Pada Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan
Bagelen Kabupaten Purworejo Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana
penggunaan metode membaca suku kata dapat meningkatkan ketrampilan
membaca pada siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen
Kabupaten Purworejo.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan
membaca dengan menggunakan Metode Suku Kata pada siswa kelas 1 MI
Muhammadiyah Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Dengan
dilakukan penelitian tindakan kelas ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi
berbagai pihak yang terkait dengan kegiatan pembelajaran khususnya pelajaran
bahasa Indonesia, antara lain: (1) Guru, (2) Siswa, (3) Sekolah, dan (4)
masyarakat dunia pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah
Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Tahun Pelajaran
2013/2014. Subjek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas I. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah metode pengamatan (observasi) dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siklus I sebesar 66,30, pada
siklus II sebesar 69,70. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I = 40%,
siklus II = 95%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode membaca Suku
Kata dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa
Indonesia.


date: 2014-07-15
date_type: published
institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   NORHADIRIJANTO , NIM. 12485249  (2014) UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA MELALUI METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH KRENDETAN KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014.  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14197/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14197/1/BAB%20II%2C%20III.pdf