<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n"^^ . "Mursiyem, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor\r\nPersekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) melalui\r\nMetode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngablak 02” Skripsi.\r\nYogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.\r\nMetode pembelajaran memiliki peran penting dalam menentukan\r\nkeberhasilan proses belajar mengajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar.\r\nMadrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Ngablak 02 sebagai salah satu lembaga\r\npendidikan formal yang berupaya menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang\r\noptimal dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Demikian halnya dalam\r\npembelajaran matematika khususnya materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)\r\ndan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) ditemukanya kesulitan yang dihadapi\r\noleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, hal yang perlu dilakukan\r\nadalah dengan menggunakan metode yang membuat semua sumber belajar\r\ntermasuk siswa ikut terlibat di dalamnya. Salah satunya adalah metode tutor\r\nsebaya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya\r\nmeningkatkan hasil belajar matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)\r\ndan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan menggunakan metode tutor\r\nsebaya.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan\r\ndalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,\r\ntindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan instrumen berupa tes\r\ntertulis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan\r\nhasil belajar matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan\r\nPersekutuan Terkecil (KPK) diatas KKM 70 yang mencapai 70% dari jumlah\r\nsiswa kelas V MI Ma’arif Ngablak 02.\r\nMetode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan haasil belajar\r\nmatematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan\r\nTerkecil (KPK). Hal ini dilihat dari hasil pretest ke tindakan siklus I yang secara\r\nklasikal yang belum mencapai KKM sebanyak 4 siswa dari 16 siswa atau sebesar\r\n25% menjadi 6 siswa atau sebesar 37,5% pada siklus I dan dari siklus I ke siklus\r\nII sudah sebanyak 12 siswa yang memperoleh nilai 70 atau sebesar 75%. Hasil\r\nyang diperoleh menunjukkan bahwa siswa telah memahami metode pembelajaran\r\ntutor sebaya dan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar\r\nmatematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan\r\nTerkecil (KPK).\r\n\r\n"^^ . "2014-06-21" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 12415359"^^ . "MURSIYEM"^^ . " NIM. 12415359 MURSIYEM"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI\r\nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN\r\nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE\r\nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V\r\nMI MA’ARIF NGABLAK 02\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14199 \n\nUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI \nFAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DAN KELIPATAN \nPERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALUI METODE \nTUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V \nMI MA’ARIF NGABLAK 02 \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .