relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14202/ title: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THE POWER OF TWO DI MI YAPPI REJOSARI NGAWIS KARANGMOJO GUNUNGKIDUL creator: MUH SUPARYADI , NIM. 13485245 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Muh Suparyadi, “Upaya meningkatkan prestasi IPS kelas V dengan menggunakan strategi The Power Of Two Di MI YAPPI Rejosari Ngawis Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,2014. MI YAPPI Rejosari terletak di dusun Rejosari Desa Ngawis Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Sekolah ini menempati tanah wakaf yang berasal dari Bapak Arjo (Alm) yang merupakan sesepuh dari MI YAPPI Rejosari. Sumber pemasukan siswa MI YAPPI Rejosari di dapatkan dari tiga dusun yaitu Dusun Rejosari, Dusun Munggu, Dusun Pengkol I dan II., Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Cara yang demikian mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dari kurangnya semangat siswa dikarenakan strategi pembelajaran dari guru yang monoton mengakibatkan rendahnya prestasi siswa dalam mata pelajaran IPS. Untuk itu diperlukan sebuah upaya strategi belajar baru yang lebih memberdayakan peserta didik, mengetahui faktor – faktor apa saja yang menjadi pendikung dan penghambat dari penerapan strategi The Power Of Two serta mengetahui bagaimana hasil dari pelaksanaan strategi The Power Of Two di MI YAPPI Rejosari. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara berkesinambungan. Penelitian akan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013- 2014 tepatnya Bulan April - Juni 2014. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen penelitian berupa lembar Observasi, daftar pertanyaan (wawancara), catatan lapangan, lembar kerja siswa, dan Dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data pra siklus prestasi belajar IPS rata – rata 65.7. dilihat dari ketuntasan klasikal sebesar 35% maka dapat dikatakan belum mencapai ketuntasan. Hasil siklus I mata pelajaran IPS rata – rata 70.78. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 50% dikatakan belum mencapai ketuntasan. Hasil siklus II didapatkan peningkatan prestasi yang cukup signifikan baik dari rata – rata maupun dari kriteria ketuntasan klasikal. Hal ini terbukti dengan 11 orang siswa mendapatkan nilai di atas KKM dan hanya 3 orang siswa saja yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Peningkatan prestasi siklus ini adalah sebesar 78.5% dari nilai KKM yang telah ditetapkan. Hal ini membuktikan bahwa strategi The Power Of Two memang dapat dijadikan cara untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS di MI YAPPI Rejosari Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta. date: 2014-06-21 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14202/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14202/1/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: MUH SUPARYADI , NIM. 13485245 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THE POWER OF TWO DI MI YAPPI REJOSARI NGAWIS KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.