@phdthesis{digilib14206, month = {July}, title = {PENERAPAN METODE REWARD DALAM MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V SD NEGERI JEKETRO KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12415318 PUJIMAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14206/}, abstract = {PUJIMAH. Penerapan Metode Reward dalam meningkatkan motovasi belajar siswa kelas V SD Negeri Jeketro Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Jeketro Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo kurang mendapatkan respon yang positif dari siswa dan hasil belajar semakin merosot. Hal itu disebabkan karena kurangnya motivasi yang dapat membuat siswa lebih aktif dan menyenangkan, perlu adanya perbaikan kualitas perbaikan pembelajaran dengan penerapan stategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode reward dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang SD Negeri Jeketro Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo dengan jumlah siswa 13 terdiri dari 7 laki-laki dan 6 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan untuk melengkapi data yang diungkap. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode reward efektif digunakan pada pembelajaran PAI khususnya siswa kelas V SD Negeri Jeketro Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo terbukti dari adanya peningkatan motivasi belajar siswa, sebelum pembelajaran mengunakan metode reward motivasi menunjukkan 38,46\%, motivasi siswa siklus I sebesar 76,92\% kemudian pada siklus II mencapai 84,61\% hal ini mengalami peningkatan. Dengan demikian pada aspek motivasi mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. } }