%0 Thesis %9 Skripsi %A RISTIANA , NIM. 12415320 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14209 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Fiqih, demonstrasi, ketrampilan, shalat %T UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SHOLAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS II SD NEGERI2 SUCENJURUTENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14209/ %X Ristiana,“Upaya Meningkatkan Ketrampilan Shalat dengan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II SD Negeri 2 Sucen Jurutengah Kabupaten Purworejo”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam mata pelajaran Fiqih materi pokok shalat kelasII SD Negeri 2 Sucen Jurutengah Kabupaten Purworejo. 2) Untuk mengetahui relevansi metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar dan ketrampilan shalat peserta didik dalam mata pelajaran Fiqih materi pokok shalat kelas II SD Negeri 2 Sucen Jurutengah Kabupaten Purworejo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Indikator kinerja penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan metode demontrasi pada mata pelajaran Fiqih materi pokok shalat kelas II SD Negeri 2 Sucen Jurutengah Kabupaten Purworejo, yaitu guru harus mempersiapkan RPP dan perangkat pembelajaran dengan baik. Guru harus lebih meningkatkan motivasi peserta didik.Guru harus lebih dapat menjelaskan alur pembelajaran dengan menggunakan metode demontrasi. Pada siklus I nilai tertinggi praktik shalat yaitu 75, sedangkan nilai terendah yaitu 60. Hal ini menunjukkan bahwa hanya 40,91 % yang sudah memenuhi KKM. Pada tes tertulis nilai tertinggi yaitu 75 dan nilai terendah 60 dengan nilai rata-rata yaitu 68,09. Pada siklus II nilai tertinggi praktik shalat yaitu 85, sedangkan nilai terendah yaitu 70 dengan nilai rata-rata yaitu 74,38. Hal ini menunjukkan bahwa sudah 100 % yang sudah memenuhi KKM. Pada tes tertulis nilai tertinggi yaitu 90 dan nilai terendah 70 dengan nilai rata-rata yaitu 79,09 dan semua siswa telah memenuhi KKM. Dengan demikian ketrampilan shalat siswa kelas II SD Negeri 2 Sucen Jurutengah mengalami peningkatan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan meningkatkan Ketrampilan Sholat Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas II SD Negeri2 Sucen Jurutengah Tahun Pelajaran 2013/2014. %Z Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd