TY - THES N1 - Pembimbing : Drs.H.M.Jamroh Latief, M.Si. ID - digilib14211 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14211/ A1 - MUHAMMAD ARIS PRABOWO, NIM. 12485148 Y1 - 2014/07/10/ N2 - MUHAMMAD ARIS PRABOWO, Penerapan Strategi Index Card Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di MI Ma?arif Gemampang Salam Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai mata pelajaran IPS di kelas V MI Ma?arif Gemampang Salam. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V MI Ma?arif Gemampang Salam pada mata pelajaran IPS sebelum menerapkan strategi index card match, (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan strategi index card match, (3) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi index card match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian siswa kelas V MI Ma?arif Gemampang Salam yang berjumlah 14 siswa. Pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai post-test siklus I dan post-test siklus II, data hasil proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi index card match. Untuk analisis data prestasi menggunakan rerata post-test siklus I dan post-test sklus II Sedangkan untuk analisis persentase ketuntasan belajar menggunakan analisis deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi index card match dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai post-test yang semula 73,57 pada siklus I, menjadi 81,07 pada siklus II, dengan peningkatan rata-rata 7,5 termasuk kategori hasil belajar sangat baik. Peningkatan ketuntasan belajar dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar, pada siklus I 50 % pada siklus II meningkat 78,57 % dan termasuk dalam kategori ketuntasan belajar baik. Dengan demikian, berdasar hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi index card match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Ma?arif Gemampang Salam. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Index Card Match KW - Hasil belajar KW - IPS M1 - skripsi TI - PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MI MA?ARIF GEMAMPANG SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -