%0 Thesis %9 Skripsi %A LILIK SUSTIARI , NIM. 12485157 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14213 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci : Teka-teki Bergambar, Kemampuan Membaca dan Menulis %T PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN PADA ANAK MELALUI METODE TEKA-TEKI BERGAMBAR DI RA MUSLIMAT NU PASURUHAN 1 MERTOYUDAN MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14213/ %X Lilik Sustiari, “Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Pada Anak Melalui metode Teka-Teki Bergambar di RA Muslimat NU Pasuruhan 1 Mertoyudan, Magelang”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan pada anak melalui metode teka-teki bergambar di RA Muslimat NU Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode tekateki bergambar dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak di RA Muslimat NU Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang serta mengetahui metode tekateki bergambar dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak di RA Muslimat NU Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis yaitu metode analisa data dengan subyek 10 anak Kelompok B RA Muslimat NU Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode teka-teki bergambar dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak didik kelompok B RA Muslimat NU Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang dikatakan berhasil dibuktikan dengan perolehan seluruh subyek penelitian berjumlah 10 anak pada Siklus III telah mengalami peningkatan pencapaian sebesar 63%. Peningkatan keaksaraan pada anak dalam Siklus III dapat menguasai indikator dapat menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya dan mampu membaca beberapa kata berdasarkan gambar. %Z Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si