<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n"^^ . "Khoiri Rohim. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Teknik\r\nJigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas\r\nIV MI Ma’arif Bigaran Borobudur Tahun Pelajaran 2013/2014 (Penelitian\r\nTindakan Kelas).\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran\r\nFiqih pada Kelas IV MI Ma’arif Bigaran Borobudur ini masih kurang efektif dan\r\nkomunikasi terjadi satu arah yang didominasi oleh guru sehingga siswa terkesan\r\npasif. Selain itu bila menghadapi soal latihan yang sulit, hanya sebagian kecil\r\nsiswa yang tertantang untuk menyelesaikannya. Hal ini merupakan salah satu\r\npenyebab belum tercapainya standar keberhasilan yang ditetapkan kurikulum.\r\nPada mata pelajaran Fiqih masih banyak siswa yang belum mencapai KKM, atau\r\nsudah mencapai tetapi dengan nilai batas minimum KKM. Maka dari itu perlu\r\ndiadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar Fiqih dengan menerapkan\r\nstrategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini\r\nmerupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk\r\nmendeskripsikan implementasi model pembelajaran cooperative teknik jigsaw\r\nuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MI\r\nMa’arif Bigaran Borobudur setelah metode tersebut diterapkan.\r\nPenelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar di MI Ma’arif\r\nBigaran Borobudur. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,\r\ndan dokumentasi untuk melengkapi data yang diungkap. Dalam penelitian ini\r\nmenggunakan data yang sangat sederhana untuk membantu dalam mengungkap\r\ndata. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan mengadakan\r\nwawancara dan observasi langsung.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) bahwa Pembelajaran dengan teknik\r\njigsaw pada siklus I siswa belum memahami penerapan pembelajaran cooperative\r\nteknik jigsaw dan terjadi kegaduhan dalam pembagian kelompok sebelum diskusi\r\nkelompok ahli berlangsung maka, pada siklus II penerapan belajar dengan\r\nmenggunakan teknik jigsaw peneliti memberikan tambahan penjelasan kepada siswa\r\ntentang penerapan pembelajaran cooperative teknik jigsaw dan membagi kelompok\r\nsebelum penyampaian materi atau topik ahli, (2) peningkatan hasil belajar siswa\r\nsecara klasikal dapat dilihat siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan\r\nmengalami kenaikan 40 % dari studi awal menjadi 80 % dan pada siklus II\r\nmengalami kenaikan menjadi 100%. Selain dari aspek tersebut dapat dibuktikan\r\nmelalui hasil test pada pra tindakan hasil belajar fiqih memiliki rata-rata 64,70 dan\r\nuntuk test pada Siklus I memiliki rata-rata 72,00 terjadi peningkatan 11,28 %.\r\nPada siklus II memiliki rata-rata 83,00 terjadi peningkatan 15, 27 % dan semua\r\nsiswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-11" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12485153"^^ . "KHOIRI ROHIM "^^ . "NIM. 12485153 KHOIRI ROHIM "^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV\r\nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR\r\nTAHUN PELAJARAN 2013/2014\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #14215 \n\nIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK JIGSAW \nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA \nPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV \nMI MA’ARIF BIGARAN BOROBUDUR \nTAHUN PELAJARAN 2013/2014 \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .