%0 Thesis %9 Skripsi %A MUKH.AZIF , NIM. 12415333 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14221 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Hafalan surat-surat pendek SD Siluk,Partisipasi dan Prestasi. %T UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI HAFALAN SURAT PENDEK PILIHAN PADA SISWA KELA IV SD SILUK IMOGIRI BANTUL MELALUI METODE PEMBELAJARAN CARD SHORT %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14221/ %X Mukh.Azif, “ Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hafalan Surat Pendek Pilihan Pada Siswa Kelas IV SD Siluk Imogiri Bantul Melalui Metode Pembelajaran Card Sort” Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014 Dalam pembelajaran hafalan surat-surat pendek pilihan, siswa harus dilibatkan secara mental, maupun fisik dan sosialnya untuk menunjukkan keterlibatan diri siswa dalam berinteraksi dengan lingkungannya. jika hal-hal tersebut tidak tercakup didalam proses pembelajaran, maka dapat mempengaruhi terhadap penguasaan konsep, kategori, dan kegiatan kolaboratif siswa. Sehingga hasilnya kurang maksimal. Di SD Siluk Imogiri Bantul proses pembelajaran dikelas tentang hafalan surat-surat pendek pilihan masih bersifat tradisional, dengan metode drill. Yang dalam prakteknya guru melafalkan ayat demi ayat kemudian ditirukan semua siswa secara berulang-ulang. Sehingga menimbulkan kesan menjemukan bagi peserta didik. Oleh arena itu untuk mengatasi kejenuhan dan kejemuan siswa dalam belajar dan sekaligus untuk meningkatkan prestasi hafalan surat-surat pendek pilihan tersebut, maka perlu diterapkan Metode pembelajaran Card Sort. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana penerapan Metode Card Sort pada pembelajaran hafalan surat-surat pendek pilihan pada siswa kelas IV SD Siluk Imogiri Bantul 2) Bagaimana upaya meningkatkan partisipasi siswa kelas IV SD Siluk Imogiri Bantul dalam pembelajaran hafalan surat-surat pendek pilihan dengan menggunakan Metode Card Sort 3) Bagaimana upaya meningkatkan prestasi hafalan siswa kelas IV SD Siluk Imogiri Bantul dengan menerapkan metode Card Sort Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus,yang sebelumnya dilakukan pengambilan data pada kegiatan sebelum diadakan tindakan. Dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi; partisipasi siswa dalam kegiatan, yang diambil dari hasil wawancara disetiap akhir siklus, prestasi hafalan siswa yang diambil dari tes pada setiap akhir siklus. Hasil wawancara dengan siswa dan guru pengamat, catatan lapangan selama pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) Adanya peningkatan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar tentang hafalan suratsurat pendek pilihan. 2) Adanya peningkatan prestasi hafalan siswa diatas KKM (75) dari jumlah siswa. Hasil pengamatan pembelajaran dengan Strategi Card Sort dilaksanakan dengan anak mendiskusikan kelompok ayat dengan memilih dan memilah, mengkategorikan ayat, mendemontrasikan bacaan. Guru menyebutkan nama surat, memberikan kesimpulan. %Z Pembimbing : Drs, Radino, M.Ag